Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Kamis, 12 Juli 2012

ayo berkreasi ...


 Proses Pembuatan Gerabah -  Gerabah merupakan seni kerajinan tangan yang telah melegenda, seni dan pembuatannya pun telah turun temurun, yang pada dahulu kala gerbah digunakan untuk menyimpan beras, garam dan bumbu-bumbuan disamping digunakan untuk tujuan memasak namun seiring berjalan waktu kini gerabah dapat bernilai seni tinggi tergantung kreativitas dan sang pembuat gerabah.

 

Berikut ini kami mencoba menjelaskan proses pembuatan gerabah  yg umum dilakukan:

Mencari tanah liat yg sesuai
Proses pembuatan gerabah yg pertama adalah pemilihan tanah liat, Butuh ketelitian yg teliti tuk mendapatkan tanah liat terbaik yg sesuai dgn kualitas standart. Tanah liat yg bagus tidak serta merta berasal dari desa penghasil gerabah namun berasal dari desa terdekat. Tanah liat tidak serta merta langsung digunakan tapi butuh ketelitian yg mendalam dan memastikan kalau tanah liat tidak bercampur batu-batu kecil dan kotoran.

Tahapan Pengeringan
Setelah  menyeleksi kualitas tanah,  pada proses pembuatan selanjutnya tanah liat dipotong-potong seperti kubus dan dijemur di bawah sinar matahari, butuh sekitar 3 atau 4 hari. Jika potongan kubus-kubus tersebut sudah kering, kemudian ditumbuk jadi seperti adonan tepung yg lembut dan disimpan sebelum digunakan sebagai adonan. Yg paling menarik tuk disaksikan tidak ada alat-alat modern yg mendukung dalam pembuatan gerabah, tapi lapisa-lapisan tanah liat terus ditambahkan dari jumlah adonan asli sementara para pengrajin gerabah memutar benda/alat yg digunakan sampai terbentuk benda yg diinginkan, kendati bentuknya seperti sudah jadi namun sebenarnya belum selesai, lalu ada juga pengrajin yg ditugaskan khusus tuk mendekorasi setelah itu benda/pot yg dimaksudkan dibiarkan kering di tempat yg tidak terlalu banyak kena sinar matahari.

Langkah Mempernis dgn minyak kelapa
Pada proses pembuatan gerabah selanjutnya Benda/pot yg sudah dipernis adalah kombinasi minyak kelapa dan dibiarkan kering sebelum di kerik/digosok dgn batu hitam atau alat-alat tradisisonal lainnya karena itu permukaannya kelihatan mengkilat dan lagi dikeringkan diterik sinar matahari dan itu butuh satu hari bahkan juga digosok halus di pertengahan siang hari tuk menambah kilauannya.

Pembakaran
Benda/pot siap tuk dibakar and dikumpulkan kedalam oven terbuka yg ditutupi jerami padi yg dibakar selama lebih dari 4 jam dan temperature produksinya sekitar 400 sampai 800 derajat Celsius

Tahapan Pewarnaan
Pekerjaan terakhir adalah memilih warna yg tepat , bila warna merah tua yg dikehendaki dilapisi dgn sari biji asam dan bila warna merah jentik yg dikehendaki, cukup jentikkan dgn sekam.

Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim

Cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim, sebenarnya banyak bentuk kerajianan tangan dari stik es krim, diantaranya membuat kastil dari stik es krim, membuat bingkai foto dari stik eskrim dan banyak lagi lainnya. Berikut ini akan dipaparkan beberapa cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim.

Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim
1. Cara membuat bingkai foto dari stik es krim
yang Anda butuhkan tentu saja stik es krim, lem dan kawat, seperti yang yerlihat pada gambar. Membuat bingkai foto dari stik es krim ini sangat cocok untuk kerajinan tanan anak-anak. Baiklah mari kita mulai, langkah pertama kumpulkan beberapa batang stik es krim. Langkah kedua yaitu merekatkan stik es krim, untuk lebih jelasnya silahkan saksikan video Cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim berikut ini:




Video Cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim

Berikut ini adalah video kerajinan tangan dari stik es krim membuat kastil.



Video membuat rak cat kuku dari stik es krim
Dan banyak lagi yang bisa dibuat dari kerajinan tangan dari stik es krim, silahkan kembangkan kreativitas kita masig-masing dalam cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim.


Cara membuat Bunga dari Sedotan

Hai..ketemu lagi, sekarang saya mau mengulas cara membuat Bunga dari Sedotan.
Ada 2 cara untuk membuat Bunga dari Sedotan:
1. Di susun bertumpuk, misalnya mawar, tulip, anggrek, bunga lili, bunga terompet danbunga bunga kecil, contoh di web ini misalnya bunga sakura.
2. Di jahit dengan kawat, biasanya bunga-bunga sedang dan besar, misalnya krisan, teratai dll.

Oke, Saya mulai yah..
Pertama-tama untuk menentukan besarnya bunga yang akan di buat, maka sedotannya harus di gunting menjadi beberapa bagian, yang umum adalah:  1 sedotan dibagi menjadi:  3, 4, 5 (4,7 cm), 6 dan 8 bagian yang sama besar.

                                
Pada waktu menggunting (kecuali menjadi 5 bagian), tidak usah di ukur, tapi di lipat saja lalu di gunting lalu di ratakan menjadi sama besar. Sebelum menggunting, sedotannya di pipihkan atau di gepeng kan dulu dengan gunting, caranya dengan menggesek kuat gunting ke sedotan dari ujung ke ujung (he..he..bahasaku ancur boo, bingung nulisnya..).
Gunanya supaya waktu melipatnya menjadi lebih mudah dan hasil guntingan lebih rapih.

Sedotan yang di gunting menjadi 3 bagian, tidak usah di ukur, tapi cukup di lipat saja menjadi 3 bagian yang sama besar lalu di gunting
cara melipat sedotan menjadi 3 bagian
Sedotan yang di gunting menjadi 4 bagian, dengan cara melipat 2 sedotan, lalu di gunting dan masing-masing potongannya di lipat lagi menjadi 2 bagian sama besar dan gunting lagi.

membagi sedotan menjadi 4 bagian

Jika ingin membagi sedotan menjadi 5 bagian, saya ukur memakai penggaris dan 1 potongannya di ukur kira-kira 4,7 cm panjangnya.

Sedotan yang di bagi menjadi 6 bagian, pertama-tama lipat 2 sedotan dan gunting menjadi 2 bagian yang sama besar, lalu masing-masing bagian di lipat menjadi 3 bagian dan di gunting lagi.
di bagi menjadi 6 bagian
Ada juga bunga yang sedotannya di bagi menjadi 8 bagian, di bagi dan digunting dengan cara yang sama seperti di atas.

Sisir sedotan tidak selalu harus di pakai, sebenarnya tidak ada tehnik khusus untuk memakai sisir sedotan, tapi biasanya hasil akhir setiap orang akan beda, tapi untuk mempergunakannya perlu latihan supaya hasilnya lebih baik,



                                                    

Cara Membuat Origami Bunga Kertas

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat origami Bunga Matahari tidak begitu banyak. Hanya beberapa lembar kertas dan sebatang lidi.
Bahan-bahan:
·    Kertas karton
·    Kertas asturo
·    Kertas hias
·    Lidi secukupnya
Peralatannya pun cukup menggunakan beberapa macam saja:
·    Gunting
·    Lem
·    Pensil
·    Penggaris
·    Jangka

Langkah Langkah Cara Membuat Origami Bunga Kertas:
1.   Buat pola bunga di atas kertas asturo. Kemudian kertas dilipat, digunting menjadi 2, dan digunting lagi kecil-kecil sesuai ukuran. Kertas yang sudah digunting kemudian dilem lalu ditempelkan ke batang lidi. Setelah itu kertas dilipat ke bawah.
3.   Selanjutnya, gunakan penggaris dan pensil untuk membuat pola daun Bunga di kertas asturo.  Gunting kertas sesuai dengan pola yang sudah dibuat. Buat lingkaran sebanyak 4 buah dengan jangka. Ukurannya besar, sedang, dan kecil.
4.   Rekatkan lingkaran kertas terkecil pada batang lidi. Siapkan pola yang sudah jadi, kemudian disusun hingga membentuk lingkaran. Kemudian lanjutkan dengan menempelkan pola Bunga yang tersisa di atas pola Bunga yang sudah disusun. Tempelkan potongan lingkaran paling besar ke atas susunan Bunga yang sudah dirangkai. Kemudian tempelkan potongan lingkaran ukuran sedang hingga lingkaran terkecil.
5. Potong kertas hias dengan ukuran 5 cm dengan arah memanjang. Potongan kertas hias ditempelkan secara melingkar pada batang lidi yang sudah diberi lem. Susunan Bunga yang sudah dibuat, lalu ditempelkan pada batang lidi. Tekan kuat-kuat agar menempel.
6. Origami bunga kertas Anda telah jadi dan siap dijadikan penghias.

Video Cara Membuat Origami Bunga Kertas Matahari

Dalam video ini akan ditunjukkan cara membuat origami bunga kertas dengan sangat detail, silahkan diikuti.

Cara Membuat Gantungan Kunci dari Flanel


Kreasi dengan kain flannel, memang tak ada habisnya. Segala macam bentuk dan model dapat kita aplikasikan dengan kain flannel. Salah satu yang banyak dipilih adalah gantungan kunci flannel. Selain karena mudah dibuat, gantungan kunci flannel memiliki banyak kreasi model juga dapat dipakai di berbagai suasana. Bahkan, kini banyak pasangan pengantin, acara perusahaan atau ulang tahun perorangan menggunakan gantungan kunci flannel sebagai souvenir atau cindera mata sebagai kenang-kenangan bagi para undangan yang datang.

Souvenir gantungan kunci dari flannel ini, tak perlu Anda pesan di pusat pembuatan souvenir atau pusat kerajinan flannel, karena Andapun dapat berkreasi membuat sendiri, dengan lebih mudah dan tentunya akan bebas memilih model. Cukup siapkan bahan dan alatnya, tentukan model untuk digambar polanya, dan jangan lupa luangkan waktu untuk membuatnya jauh hari sebelum hari H, karena membuat kreasi flannel memang butuh sedikit ketelitian yang pastinya belum tentu dapat lekas diselesaikan bagi para pemula.

Untuk memulai membuat gantungan kunci dari flannel, sediakan bahan dan alat sebagai berikut;

Bahan :

Kain Flanel
Hiasan ornament/pita
Dakron/kain perca/kapas
Gantungan

Alat :

Kertas untuk pola
Gunting
Jarum
Benang
Lem

Cara Membuat :


1.       Siapkan flannel 2 warna (Biru dan Kuning). Gunting flanel dengan pola bunga dan lingkaran seperti pada gambar (ukuran bebas, namun lingkaran, sesuaikan dnegan lebarnya lingkar tengah bunga)
2.       Letakkan lingkaran di tengah-tengah bunga, kemudian jahit melingkar.
3.       Sisakan jahitan sekitar 1 cm untuk memasukan dakron.
4.       Kemudian eratkan kembali jahitannya sampai tertutup. Setelah jahitan tertutup, lanjutkan dengan membuat motif horizontal dan vertical pada bagian tengah bunga (diatas tumpukan dakron), lihat gambar (atau bisa dikreasikan sendiri dengan ornament atau pita.
5.       Setelah rapi, bisa ditambahkan gantungan dibelakangnya, untuk mengaitkan kunci.

Praktis, bukan? 
Anda juga dapat berkreasi dengan model lain sesuai selera. Contoh lain, dapat pula Anda ikuti pada video berikut dibawah ini

Video Membuat Gantungan Kunci Angry Bird dari Flanel

Dalam video berikut, dijelaskan langkah-langkah pembuatan gantungan kunci dari kain flanel, dengan model angry bird yang lucu.
Pertama, botol plastik dicuci menggunakan air sabun hingga bersih.

Kemudian perhatikan bentuk dan garis lekuk botol. Dengan menggunakan pisau kecil, potong botol bekas tersebut menjadi beberapa bagian hingga bagian pinggang botol.

Untuk membuat tirai misalnya, botol dipotong membujur dengan lebar setiap potongan kurang lebih 2 centimeter. Beri lubang di setiap potongan. Kemudian ikatkan setiap potongan botol dengan menggunakan tali tambang. Agar terlihat lebih menarik, botol diberi warna sesuai selera dengan menggunakan cat semprot.
LAMPION
Pertama, botol yang telah dicuci bersih dipotong membujur mengikuti bentuk lekuk botol hingga bagian pinggang botol.
Setelah itu, saatnya Anda memilih............mengerjakan bagian atas lampion atau bagian bawah atau kaki lampion.
Kita awali dengan membentuk kaki lampion. Bagian bawah botol yang telah dipotong, disayat membujur mengikuti bentuk botol.
Untuk membuat variasi, Anda cukup menyanyat bagian mana yang Anda inginkan. Umumnya, bagian dasar botol tidak dipotong agar kaki lampion dapat berdiri tegak.
Buat juga sebuah lubang untuk jalan masuk kabel lampu. Sementara itu, bagaimana dengan bagian kepala botol. Sama dengan bagian kaki botol. Anda-pun dapat membuat variasi seperti yang Anda mau.
Setelah itu, rekatkan bagian atas botol dan kaki lampion dengan lem lilin. Setelah terbentuk menjadi sebuah lampion, barulah diberi warna. Agar warna lebih tahan lama dan terlihat lebih menarik, pilihan warna menggunakan cat semprot. Setelah kering, barulah lampion diberi lampu dan bolam. Semua tahap pembuatan telah selesai, bagaimana dengan hasilnya?


TEMPAT PENSIL
Cara membuat kerajinan botol bekas terbilang mudah. Pertama, siapkan botol plastik bekas obat ataupun vitamin serta kain panel beragam warga. Potong kain memanjang sesuai keinginan, lalu tempelkan ke botol secara berurutan dengan lem. Setelah diberi aksesoris manik-manik, kerajinan lucu dan unik pun selesai dibuat





SANDAL PLASTIK
Dalam gambar diilustrasikan seorang yang menggunakan sandal yang terbuat dari botol plastik. Botol bekas yang tadinya digunakan untuk air minum itu kemudian diberi jepitan. Pada akhirnya botol ini kemudian digunakan sebagai alas kaki yang murah meriah bagi orang itu.


TUTUP SAJI
Bahan:
1. Botol aqua secukupnya
2. Pita emas
3. Kain gantungan tas
4. Kain flanel
5. Lem uhu
6. Jarum dan benang
7. Gunting
8. Renda
9. Mika
10. Kawat
11. Kancing

Cara Membuat:
  • Jahit aqua hingga semuanya tergabung
  • Hias AQua dengan bahan2 lainnya.
  • Beri gantungan
  • Dan sebuah Tututp saji manis tercipta

TEMPAT SERBA GUNA

Kombinasi antara kaleng bekas sarden, botol aqua, gelas styrofoam dengan kain perca serta kain felt.







Souvenir Pernikahan Murah


Pernikahan adalah hari yang special dan dinanti-nantikan bagi semua pasangan. Dihari istimewa ini, sepertinya tak ada yang boleh terlewat, segala persiapan mulai dari undangan, sajian makanan, sampai tat arias dipersiapkan agar gelar raja dan ratu sehari benar-benar menjadi sempurna. Semakin majunya jaman, kini tak hanya buku tamu yang melengkapi meja penerima tamu undangan pernikahan, namun tren yang ramai di tiap pesta pernikahan adalah adanya souvenir bagi para undangan yang datang. Ya, souvenir berupa aneka barang sebagai kenang-kenangan bagi para kerabat yang menghadiri pesta.
Pilihan barang yang biasa dijadikan souvenirpun beragam, yang umum dipilih, diantaranya;
·         Kipas
·         Hiasan dinding
·         Pigura Foto
·         Tatakan Gelas
·         Gelas/Mug/Cangkir
·         Tempat Lilin/Asbak
·         Gantungan kunci
·         Kalender
·         Notes mini
·         Pernak-pernik gerabah
·         Magnet kulkas
·         Pembuka Botol
·         Alat Manicure
·         Tempat tissue
·         Tempat HP/Pensil
·         Hiasan Pencil/Pulpen
·         Bros/Pin/Peniti hias
·         Towel Cake, dll
Jenis barang pilihan souvenir seperti diatas, biasanya dilengkapi dengan keterangan hari dan tanggal pernikahan serta ucapan terimakasih dengan tanda nama kedua mempelai. Bisa dicetak di kertas yang berbeda, namun tak jarang yang mencantumkannya di barang souvenir entah dengan cara di grafir, sablon, cutting stiker atau emboss.
Dalam memilih souvenir pernikahan, tentunya ada beberapa pertimbangan yang diambil oleh kedua mempelai, seperti ;
Harga Souvenir
Harga, sepertinya jelas akan menjadi pertimbangan pertama. Karena, pesta pernikahan tentu membutuhkan budget yang tidak sedikit. Untuk menyiasati agar budget tidak melambung, maka dalam memilih souvenir baiknya mencari barang dengan harga yang sesuai, perhatikan bahan, model juga ukurannya. Karena mau tak mau, bahan dan ukuran akan mempengaruhi harga.
Bila memang budget ingin ditekan,  tapi souvenir tetap terlihat pantas dan catchy, sedikit tips memilih souvenir berikut mungkin bisa membantu;
·         Pilihlah barang dengan model unik yang kira-kira jarang dipakai orang.
·         Bila memang barang sudah banyak yang menggunakan, pilih corak dan warna yang kalem saja, warna yang mencolok, akan terlihat kurang elegan
·         Cari referensi tempat pembuatan souvenir sebanyak-banyaknya, bangun relasi yang baik dengan pembuat souvenir .
Tamu Undangan
Tapi, bila harga atau budget tidak jadi soal, Anda tetap harus mempertimbangkan kalangan undangan pernikahan Anda. Buat pernikahan Anda sespecial mungkin, dengan souvenir yang sesuai. Memberikan souvenir yang pantas, juga berarti menghargai tamu.
Selain barang yang diberikan harus pantas, Anda harus memperhatikan jumlah souvenir yang Anda pesan. Sediakan selalu persiapan souvenir lebih daripada jumlah undangan yang Anda sebar.
Sumber Souvenir
Sumber Souvenir maksudnya adalah dimana Anda mendapatkan atau memesan souvenir. Bisa datang langsung ke pusat pembuatan souvenir, belanja online, atau bahkan bila memang dirasa memungkinkan, Anda dapat membuatnya sendiri. Hasil karya tangan sendiri tentu lebih memuaskan bukan?
Nah, bila Anda memilih untuk membuat souvenir pernikahan sendiri, berikut sedikit tips yang mungkin dapat memudahkan Anda;
·         Tetapkan souvenir seperti apa yang akan Anda buat, pastikan yang mudah dibuat, relatif cepat pengerjaannya dan tentunya berbahan dasar terjangkau dan mudah didapat. Biasanya jenis kerajinan tangan berbahan flannel, manik-manik atau towel cake, banyak diminati dan mudah dibuat.
·         Mulai cari referensi model souvenir. Manfaatkan majalah, buku-buku dan lebih praktisnya, browsing di internet.
·         Rencanakan sematang mungkin, sediakan waktu jauh-jauh hari dari hari H pernikahan.
·         Belanja perlengkapan pembuatan souvenir secara missal/grosir, untuk lebih menekan budget.

Video Tutorial Membuat Kreasi Handuk

Video berikut memberikan tutorial bagaimana membuat kreasi bunga mawar yang manis dengan bahan dasar handuk. Mudah dibuat dan bahannya pun pastinya terjangkau.
LAMPION DARI KERTAS TEH CELUP
http://hermawayne.blogspot.com
Untuk eksperimen ini, bahan-bahan yang diperlukan adalah:
1. Teh celup (gunakan yang kemasannya dilipat dan ada staplesnya)
2. Korek api
3. Piring atau wadah
http://hermawayne.blogspot.com

Langkah-langkah:
1. Buka satu kemasan teh celup (lepaskan staplesnya), keluarkan teh yang ada di dalam kemasan. Kemudian bentuk kemasan teh celup hingga menyerupai silinder (bisa diberdirikan di atas wadah).
http://hermawayne.blogspot.com

2. Nyalakan korek api, kemudian bakar bagian atas silinder kemasan teh celup.
http://hermawayne.blogspot.com

3. Biarkan api bergerak ke bawah dan membakar silinder kemasan teh celup tersebut.
http://hermawayne.blogspot.com

4. Ketika api mendekati bagian bawah kemasan teh celup tersebut, Api akan terbang dan melayang ke atas.
http://hermawayne.blogspot.com

Bagaimana hal itu dapat terjadi?
Ketika api membakar bagian atas silinder teh celup, udara di sekitarnya memanas, mengembang dan bersifat kurang padat. Karena udara panas di atas api kurang padat dari udara (dingin) di sekitarnya, maka kemasan teh celup tersebut akan terdorong dan terbang ke atas.
http://hermawayne.blogspot.com
Siklus udara di sekitar silinder kemasan teh celup

Ketika udara panas naik ke atas, udara yang lebih dingin bergerak dan menggantikan posisi udara panas sebelumnya. Gerakan perpindahan panas ini berlangsung berulang-ulang dan menyebabkan kemasan teh celup terbang lebih tinggi dan lebih tinggi dari sebelumnya.

Pada awalnya, silinder kemasan teh celup masih terlalu berat untuk dapat diangkat. Tetapi ketika dibakar, massanya akan berkurang, semakin ringan sampai akhirnya cukup ringan bagi arus udara untuk mendorongnya terbang ke udara.

Bagaimana, percobaan yang mudah bukan?

Proses Pembuatan Anyaman Bambu

Anyaman Riau
Pengolahan bambu untuk anyaman adlah denga menebag pohon bambu, kemudian diraut dan dihaluskan baik kulit maupun isi, lalu dikerigkan dan kemudian dianyam. Bambu yang sudah diolah dapat dipergunakan untuk membuat apa yang diinginkan perajin,seperti pembuat raga da peralatan menangkap ikan seperti lukah, belat, sangkar/sangkar ayam,sangkar burung, penampi bersa dan sebagainya.
Disamping itu, cara pembuatan anyama bambu yang lain, yang merupakan inovasi produksi perajin adalah
·    Bambu yang dipergunakan adalah bambu dewasa berukuran besar dan sama panjang ruasnya.
·    Dilakukan pembekahan atau dibelah dan diserut hingga tipis lalu dijemur hingga kering
·    Bambu yag tipis dibetuk dengan meganyam dan diikat dengan rotan yang sudah diraut halus
·    Pekerjaan akhir adalah memberi zat pengkilat dengan meggunakan vernis atau pelitur
Di Kabupaten Kuantan Singigi anyaman bambu ini sudah dikembagkan sebagai suatu usaha kerajinan membuat barang-barang yang bersifat aksesoris yang dekoratif. Produknya antara lain tempat buah, tempat tisu, kap lampu, dan sebgainya.
Di Desa Petapahan, Kabupaten Kampar, cara mengolah bambu untuk pembuatan tudung saji mempunyai cara tersediri yaitu :
·    Batang bambu yang diperluka adalah yang masih muda, berdiameter besar dan beruas panjag.
·    Pohon di tebang dan di kerat-kerat sesuai ukura ruasya.
·    Bagian luar da daging bambu dibuang sehingga tinggal dibagian dalam yag telah tipis.
·    Bagian yang tipis ini di panaskan di perapian sehingga sebagian dalam bambu yang lain licin menjadi paring dan terkelupas dengan sendirinya.
·    Kemudian bambu dibelah sehingga menjadi lembaran yag tipis.
·    Lembaran yang tipis/paring itu dicuci dan dijemur degan panas matahari sampai kerig agar menghasilka bentuk melengkung.
·    Setelah kering, paring tersebut dikerat-kerat sesuai dengan ukura tudung sajai yang diinginka.
·    Paring disususun bertinding atau berlapis dan dijahit satu sama lainnya dengan menggunakan kolindang benang hingga terbentuk bulatan cekung.
·    Pada bagian dalam dilapis dengan daun sangai mengikuti bentuk dari susunan pahing yag sudah diikat dan di jahit.
·    Pada ujung sekeliling lingkaran diberi bingkai dari rotan yang sudah dikupas kulitanya, da terbentuklah sebuah tudung saji.
·    Proses seterusnya adalah membuat lukisan dasar ornamet denga menggunkan alat tulis kalam atau saga, yaitu alat tulis yang terbuat dari lidi pohon enau. Sedangkan bahan tinta adalah campuran dari getah jeruk dengan jelaga atau arag lampu teplok/pelita.
·    Selesai diwarnai, mka jadilah tudung saji yang diinginkan.
Dalam perkembanganya, Kerajinan tudung saji ini sudah dijadikan barang cenderamata dengan ukururan bervariasi, antara lain sebagai hiasan dinding dan lain sebagainya, dan banyak diminati oleh pembeli baik dari dalam maupu luar negeri.


Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Flanel

Kerajinan tangan dengan bahan flanel saat ini menjadi salah satu kerajinan tangan yang sangat diminati. Pembuatan yang cukup mudah serta bahan-bahan yang mudah dicari tentunya menjadi alasan utama disamping karena bisa dibuat berbagai macam benda.
Berikut ini macam-macam tusuk jahit dan tusuk hias yang digunakan dalam kerajinan tangan flanel :
1. Tusuk Feston
Tusuk feston ini biasa digunakan untuk menggabungkan 2 lembar kain flanel dan juga merapikan pinggiran kain flanel.
2. Tusuk Rol
Tusuk rol ini juga digunakan untuk menggabungkan 2 lembar kain flanel. Apabila dikerjakan dengan hati-hati maka akan menghasilakn jahitan yang jauh lebih rapi dan halus daripada tusuk feston.
3. Tusuk Tikam Jejak
Tusuk tikam jejak ini biasa digunakan untuk membuat bentuk mulut.
4. Tusuk Pipih
Tusuk pipih ini biasa digunakan untuk membuat bentuk hidung.
5. Tusuk Jeruji
Tusuk jeruji ini biasanya hanya digunakan sebagai hiasan.
Bahan dan alat yang digunakan dalam pembuatan kerajinan tangan dari flanel antara lain :
  1. kain flanel
  2. benang sulam
  3. jarum jahit
  4. dakron/kapas
  5. manik-manik
  6. lem serbaguna (all pupose adhesive), lem PVAc, melty stick (batangan lem)
  7. glue gun (lem tembak)
  8. gunting
  9. bahan pelengkap (gantungan kunci, gantungan handphone, jepit rambut, karet rambut, bros
Berikut ini beberapa bentuk kerajinan tangan yang terbuat dari kain flanel :
Gantungan Kunci Keropi
Cara membuat :
1. Membuat pola dari kertas kemudian di gunting.
2. Gunting kain flanel sesuai pola yang sudah dibuat di kertas.
3. Pasang mata dan buat bentuk mulut pada kain flanel bentuk keropi. Untuk memasang mata bisa menggunakan lem tembak. Untuk membuat mulut menggunakan tusuk tikam jejak.
4. Gabungkan kedua lembar kain flanel bentuk keropi, jahi sekelilingnya menggunakan tusuk feston. Sisakan sedikit bagian untuk memasukkan dakron kemudian setelah selesai memasukkan dakron selesaikan dengan menjahit menggunakan tusuk feston.
5. Dibagian atasnya selipkan tali untuk mengaitkan gantungan kunci.
6. Gunting kain flanel dengan bentuk bulat untuk ditempelkan di pipi.


Cara Membuat Kerajinan dari Kain Perca


Anda tau kain perca? Ya, kain sisa potongan yang sudah tidak terpakai itu, ternyata masih bisa dimanfaatkan lho. Bahkan, ditangan si kreatif, kain perca dapat disulap menjadi barang-barang kerajinan yang trendi dan tentunya bermanfaat. Membuat kerajinan kain perca, ternyata tidak serumit yang kita bayangkan, cukup sedikit ketelitian dan kreatifitas kita saja. Untuk latihan bersama, berikut beberapa contoh cara pembuatan kerajinan tangan tas berbahan kain perca ;

>> Tas jinjing 

Bahan & Alat:

·         Benang warna merah + Jarum
·         Mesin jahit (bisa juga jahit tangan)
·         Gunting
·         Perca warna warni (kain bebas)
·         1/2 m kain blacu  
·         1/2 m kain flanel motif untuk bagian dalam

Cara membuat :

1.       Gabungkan kain perca satu demi satu, kreasi bebas, namun diusahakan warna dibuat kontras.
2.       Selanjutnya, buat dahulu tas dari kain blacu, seperti berikut;
·         Potong kain blacu, lebar 50 cm panjang 100 cm
·         Jahit membentuk kantong ukuran 50 x 50 cm
·         Rapikan jahitan bagian pojok bawah kanan dan kiri
·         Pasang bagian dalam tas, sebelumnya lakukan cara yang sama dengan cara membuat tas
3.       Lanjutkan dnegan memotong kain blacu untuk tali tas.
2 helai tali dengan lebar 10 cm dan pajang 100 cm
Setelah dijahit sesuai ukuran, pasangkan pada tas.
4.       Kemudian, pasang aplikasi dari perca pada bagian depan tas

>> Ransel

Bahan & Alat :

·         Kain katun polos (contoh : orange)
·         Kain perca bermotif anak (untuk hiasan)
·         Benang sulam bergradasi/ polos
·         Kain kapas (untuk bagian dalam)
·         Kain flanel (jika diperlukan untuk hiasan)
·         Busa, resleting dan tali tas + ring D

Cara Membuat :

1.       Potong kain katun sesuai pola tas ransel.
2.       Potong busa, sama dan sesuai pola tas.
3.       Jahit kain yang disatukan dengan busa/kain kapas,
sesuaikan dengan ujung-ujung pola guntingan.

4.       Sulam hiasan di depan tas, sebelumnya buat dahulu hiasan ransel dari kain perca;
-          Buatlah dahulu gambar/pola hiasan, pada contoh, digambarkan bukit.
-          Untuk membuat pohon, pilih perca berwarna coklat potong memanjang (batang)
Untuk daun, pilih perca hijau bermotif, potong melingkar.
-          Untuk membuat matahari, perca warna kuning, potong bulat, sinarnya dengan sulaman benang gradasi.
-          Bentuk pesawat, kreasikan perca biru bermotif, potong segitiga. Tumpuk dengan badan pesawat, dari perca coklat yang dipotong lonjong, dengan ekor segitiga dari kain perca coklat.
-          Jerapah, dibuat dari kain perca kuning bermotif yang dipotong bulat (untuk kepala) dan lonjong untuk badan, kaki-kaki menyesuaikan besar dan panjangnya. Untuk leher, sebaiknya dipilih warna berbeda, dalam contoh orange.
-          Bisa juga membuat hiasan dari motif yang ada di perca.

5.       Terakhir, pasangkan resleting dan tali.



>>Tas tangan
Bahan & Alat :

1.       Kain perca
2.       Benang Jahit
3.       Busa Angin yang tipis, untuk bagian dalam
4.       Resliting
5.       Aplikasi tas (Kancing, pita, dll)

CARA MEMBUAT :
·    Kain Perca dikelompokkan lebarnya, lalu disambung dengan cara dijahit.
·    Setelah  dijahit, perca menjadi kain lebar dan lembaran, kain digunting sesuai dengan pola.
(kotak 30x40 cm) sisakan 2 cm untuk lipatan.
·    Letakkan busa angin diatas kain, selanjutnya dijahit untuk menyatukan kain perca yang sudah dipotong.
·    Buat tali dari kain perca yang disatukan, kira-kira 5x15cm, 2 buah. Lapisi dengan busa angin, lalu pasangkan di tas.
·    Terakhir pasang resleting dan aplikasi lain (kancing, pita, dll)

Mengolah Kertas Koran Menjadi Kerajinan



Pusing dengan tumpukan koran bekas yang seakan-akan tidak ada habisnya? Tidak bisa dipungkiri, bagi kita yang berlangganan koran dirumah, memang semakin hari semakin bertambah saja tumpukan surat kabar itu memenuhi rak, koran pagi, sudah tidak enak dibaca sore, koran sore juga sudah basi informasi di pagi hari berikutnya. Ehm,, semakin dilema saja, manakala rak tempat bertumpuknya surat kabar, ternyata sudah penuh, tidak muat lagi menampung koran bekas, maka bergantilah kardus-kardus besar yang justru menambah riangan menjadi semakin sumpek saja.

Kenapa tak mencoba memanfaatkan koran bekas saja? Untuk membuat kreasi bingkai foto, sandal atau tas misalnya? Kertas koran, daripada menumpuk atau terbuang percuma, dapat Anda olah menjadi kertas daur ulang, yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk berbagai kreasi kerajinan tangan yang menarik. Yuk kita simak tahapan-tahapan membuat kertas daur ulang, seperti dibawah ini;
 
Siapkan terlebih dahulu alat dan bahannya;

·          Kertas koran
·         Lem kayu warna putih(PVC)
·         Pewarna tekstil/ pewarna makanan (pilih warna gelap)
·         Gunting
·         Blender
·         Ember untuk merendam
·         Ember lebar
·         Frame saringan biasa untuk sablon (untuk tahap percobaan, bisa juga menggunakan saringan santan atau tampi beras - anyaman bambu)
·         Pengering (kipas angin)

Cara pembuatan :

1.       Ambil kertas koran, kemudian gunting koran menjadi bagian kecil-kecil.
2.       Rendam guntingan kertas tadi dalam ember perendam (1-2 malam)
3.       Setelah 1-2 malam, angkat rendaman kertas kemudian blender sampai halus
4.       Setelah halus, beri pewarna tekstil (wantex) pada hasil blenderan kertas ini. Agar warna lebih tahan lama, Anda juga dapat merebus hasil blenderan kertas dengan pewarna, sampai matang.
5.       Angkat rebusan kertas, dinginkan. Setelah dingin, campur kertas dengan lem kayu. Pemberian lem jangan terlalu banyak pastikan agar cukup untuk mengikat serat-serat kertas.  
6.       Kemudian, masukkan adonan dalam ember lebar  kemudian campur adonan kertas lem dengan air (dengan perbandingan 1:10) atau jika ingin lebih tipis, cukup tambahkan air.
7.       Masukkan saringan ke dalam ember, usahakan saringan masuk seluruhnya ke ember, agar bubur kertas dapat menempel dengan rata di saringan.
8.       Angkat saringan dengan hati-hati. Kemudian angkat bubur kertas dari saringan dan tempelkan hasil saringan bubur kertas itu pada frame pengering dengan hati-hati (posisikan bubur kertas di tengah frame)
9.       Tekan bubur kertas dengan hati-hati sampai kering (kadar airnya berkurang). Penekanan ini dapat dilakukan dengan karet dari sandal bekas atau gabus empuk.
10.   Setelah airnya berkurang,  lepaskan lembaran bubur kertas dan jemur atau dikeringkan dengan bantuan kipas (bisa juga setelah setengah kering lalu di setrika

Selain diberi warna dengan pewarna kain/ makanan, bubur kertas dapat juga divariasikan dengan berbagai bahan natural agar tercipta motif baru yang unik dan tentu saja menarik, seperti menambahankan; daun, rumput, rempah, gliter, bunga kering dan sebagainya. Proses penambahan motif ini, dapat dilakukan dengan cara;

·         Saat pemblenderan, blender bahan-bahan motif sebentar agar menjadi potongan kasar
·         Saat pencampuran dalam ember, potongan kasar dibiarkan tercampur tidak beraturan
·         Atau saat pengepresan, bahan motif disusun diatas bubur kertas, sesuai selera.


Setelah mengamali proses daur ulang dari kertas koran bekas menjadi kertas baru. Maka, kertas daur ulang siap dijadikan aneka kerajinan tangan, sesuai kreasi Anda.

Selamat mencoba!

Video Pembuatan Pigura dari Kertas Daur Ulang

Dalam video ini, dijelaskan langkah-langkah pembuatan pigura dari kertas daur ulang yang mudah untuk dipraktekkan

MEMBUAT TOPENG DENGAN LIMBAH KERTAS


Topeng merupakan reflika wajah yang digunakan pada wajah untuk memerankan suatu karakter. Topeng biasanya digunakan untuk pertunjukan tari topeng dalam membawakan peran-peran tertentu. Topeng juga sering digunakan oleh anak-anak untuk bermain dengan sesamanya, seperti melucu dan menakut-nakuti temannya. Berbagai karakter topeng sering kita jumpai, ada wajah menakutkan, wajah lucu, wajah tua, wajah sedih dan ada juga wajah/muka binatang.
Bentuk topeng dapat dibuat dengan berbagai media/bahan, di ataranya dari kayu, plastik, karet, fiberglass, kertas, dan lain-lain. Berikut ini mari pelajari membuat topeng dengan memanfaatkan limbah kertas. Untuk membuat topeng dengan bahan kertas terlebih dulu harus dibuatkan acuan/cetakan dari tanah liat. Cetakan tidak usah dibuat terlalu halus, buatlah wajah-wajah yang unik dan lucu.
Bahan yang diperlukan dalam membuat topeng kertas, antara lain : satu kilo gram kertas, lem kertas dari tepung kanji, air dan cat warna. Alat-alat yang diperlukan dalam dalam membuat topeng kertas, yaitu cetakan dari tanah liat, gunting, kuas, dan ember.
Cara membuat topeng kertas :
  • Ambil cetakan yang telah disiapkan dan mulailah membuat topeng. Untuk lapisan kertas pertama, ambilah kertas selebar wajah topeng yang hendak dibuat dan celupkan ke dalam air, kemudian ditempel pada permukaan cetakan perlahan-lahan mengikuti lekukkan bentuk cetakan. Lapisan kertas kedua dan seterusnya, menggunakan potongan kertas kecil-kecil dan diberi lem agar melekat dengan kuat. Selama penempelan kertas, perhatikan dan ikuti lekukan-lakukan bentuk wajah topeng pada cetakan agar bentuk topeng nampak jelas.
  • Setelah selesai tahap penempelan kertas, jemurlah dan anginkan agar bentuk topeng menjadi kering. Bila sudah kering lepaskan topeng lapisan kertas dari cetakannya dan rapikan pinggirnya dengan gunting.
  • Tahap finising, mengecat muka topeng sesuai dengan warna karakter yang diinginkan, misalnya alis diberi warna hitam, bibir warna orange, kulit wajah dengan warna putih, dan sebagainya. Jenis warna yang digunakan, boleh dengan cat minyak atau dengan cat air (acrelyc). Setelah selesai diberi warna dan bila warnya sudah kering, beri lubang pada bagian mata dan hidung untuk melihat dan bernafas bagi pemakainya. Di pinggir samping kiri kanan dekat mata diberi tali karet sebagai pengikat saat dipakai.
    tpg-kertas.jpg
Selain cara di atas, membuat topeng dari limbah kertas dapat juga dilakukangan dengan cara : mengolah kertas menjadi bubur kertas yang kemudian dicampur dengan lem yang terbuat dari tepung kanji. Bubur kertas diterapkan pada permukan cetakan/acuan secara merata mengikuti bentuk lekukan cetakan. Keringkan untuk beberapa waktu untuk memudahkan melepas lapisan bubur ketas dari acuan dan selanjutnya diwarna sesuai dengan keinginan.

CARA GAMPANG MEMBUAT MUSIK DIGITAL SENDIRI


Cara gampang membuat musik digital sendiri ini akan sedikit membahas tentang dan seputar pembuatan musik digital di rumah sendiri. Cara gampang membuat musik digital sendiri ini akan menunjukkan kepada anda sekalian beberapa hasil produksi musik digital (lagu berikut aransemennya) yang keseluruhannya diselesaikan sendiri (alias dikerjakan serta diselesaikan oleh hanya satu orang yaitu JB. Tjondro Purnomo, SH) di tengah-tengah kesibukan lainnya atau sebagai penyaluran hobby (mengisi waktu luang).

Silahkan anda simak musik-musik berikut ini  :






Sekedar informasi singkat buat anda :

Lagu-lagu tersebut di atas dibuat dengan mempergunakan host Cubase.5 (produksi Steinberg) dengan beberapa VSTi tambahan yang berupa BFD_2 dan EZ Drummer(untuk drum), Trilogy (untuk bass), Real Guitar (untuk akustik gitar), Virtual Guitarist (untuk elektrik gitar), Hypersonic (untuk tambahan aksen-aksen),Sample Tank (untuk Piano dan Shyntesizer) dan Edirol Orchestra (untuk aksen orkestra pada beberapa lagu). Untuk recording vocal, beliau mempergunakan Samson C-03 (Condensor Microphone), seluruh proses dikerjakan dengan bantuan Sound-Card M-Audio (Fast-Track). Selanjutnya untuk tahap mastering beliau mengandalkan bantuan Wave-Lab (produksi Steinberg). Dalam proses pre-mastering beliau banyak terbantukan oleh plugin-plugin AMT (Analog Mastering Tools), PSP Vintage Warmer dan EMI TG. Ketiga plugin tersebut sangat membantu beliau, terutama untuk mengangkat volume-volume vokal maupun instrument yang agak tenggelam serta untuk menampilkan karakter tube atau analog.

Jika anda menggunakan software IDM, maka anda dapat mendowloadnya secara langsung, sekian dan terima kasih, semoga dapat menghibur anda semua.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar