MEMBUKA USAHA SAMPINGAN
Dengan
membuka usaha sampingan, pertama-tama Anda mungkin harus terlibat penuh
didalamnya. Tapi lama kelamaan, bila usaha itu besar, Anda bisa
menyerahkan pengelolaannya pada orang lain, sehingga Anda bisa punya
lebih banyak waktu. Sementara pemasukan terus berjalan.
Bandingkan dengan apabila Anda bekerja pada orang lain atau bekerja
sendiri dengan mengandalkan keahlian. Bekerja pada orang lain jelas Anda
harus mengikuti jam kerja yang disyaratkan. Sedangkan bekerja sendiri
dengan mengandalkan keahlian, biasanya Anda bisa menentukan waktu kerja
Anda sendiri, tapi tetap saja Anda akan sibuk
PENGHASILAN BISA BESAR
Jangan salah kira, usaha sampingan, apabila Anda jalankan dengan sungguh-sungguh bisa memberikan hasil yang sama bahkan lebih besar dibanding bila Anda bekerja dan mendapatkan gaji.
Saya pernah memperhatikan tukang sate yang berjualan di dekat rumah saya. Setiap hari, dari jam 17.00 - 24.00 (7 jam kerja), ia bisa menjual sekitar 250 tusuk sate ayam. Kalau satu tusuk dihargai Rp 400, maka ini berarti ia mendapatkan Rp 100 ribu sehari. Dalam sebulan, ia bisa bekerja sekitar 25 hari. Ini berarti pemasukannya sebulan mencapai Rp 2,5 juta. Saya pernah tanya berapa sih keuntungannya dari Rp 2,5 juta itu? Dia bilang sekitar 60 persen. Ini berarti keuntungannya adalah Rp 1,5 juta setiap bulan. Itu belum termasuk keuntungan dari penjualan lontongnya.
Tentu saja Anda tidak harus jadi penjual sate bila Anda memang tidak mau. Anda bisa membuka usaha lain yang mungkin lebih Anda kuasai seluk-beluknya. Prinsipnya di sini adalah apa pun usahanya, kalau Anda jalankan dengan serius, hasilnya bisa besar.
Pada awalnya yang namanya usaha mungkin tidak akan selalu berjalan lancar. Penghasilannya mungkin belum seberapa. Tapi itu karena usaha Anda mungkin belum dikenal orang banyak. Namanya juga masih baru. Lama kelamaan, seiring dengan makin dikenalnya usaha Anda, usaha Anda pasti akan mulai berkembang, sehingga hasil yang Anda dapatkan makin besar pula.
Tukang sate tadi misalnya. Saya yakin, pertama kali ia membawa dagangannya, orang mungkin masih ragu-ragu untuk mencoba satenya, karena orang baru pertama kali melihat tukang sate ini. Tapi lama kelamaan, orang mulai memesan satenya, dan akhirnya orang ini identik dengan sate. Setiap kali ia lewat di depan rumah saya, saya langsung teringat akan satenya. Itu bukti bahwa usaha apa pun membutuhkan pengenalan.
Orang harus kenal lebih dulu dengan usaha Anda, apa pun usaha itu. Entah toko, entah restoran kecil, entah usaha jahitan. Mungkin pengenalannya makan waktu satu tahun, dua tahun, atau mungkin hanya beberapa bulan, tergantung bagaimana promosi Anda. Setelah kenal, barulah selebihnya tergantung pada kualitas produk Anda. Bila sekali saja konsumen tak suka, seterusnya mereka kapok membeli produk Anda. Apa pun jenisnya. Karena itu, Anda juga harus menjaga kualitas produk agar sesuai keinginan konsumen.
TIDAK HARUS MENINGGALKAN PEKERJAAN
Siapa bilang bahwa Anda harus meninggalkan pekerjaan tetap Anda sekarang bila Anda menjalankan usaha Anda? Anda tidak harus meninggalkan pekerjaan tetap Anda. Anda bisa menjalankan usaha Anda sambil Anda tetap bekerja di pekerjaan Anda sekarang.
Hitung-hitung, Anda nantinya akan punya pendapatan yang dobel kan? Pertama-tama, mungkin pendapatan usaha Anda masih jauh lebih kecil dibanding gaji dari pekerjaan Anda. Tetapi lama-lama, seiring dengan makin dikenalnya usaha Anda, usaha Anda akan makin maju, dan pendapatan usaha Anda siapa tahu akan meningkat dan bisa menyamai gaji Anda?
Kemudian, siapa tahu juga pendapatan usaha Anda bisa meningkat lagi dan melebihi gaji Anda? Saya banyak melihat contoh orang yang merintis usaha sambil tetap mempertahankan pekerjaannya. Lama-lama ketika usahanya makin sukses, pendapatan dari usahanya meningkat, dan jumlahnya jauh melebihi gajinya. Sehingga ia memiliki pilihan apakah ia akan mempertahankan kedua pendapatannya, atau meninggalkan pekerjaannya dan terjun total 100 persen ke dalam usahanya dengan harapan agar penghasilan dari usahanya bisa makin besar.
Bagi Anda yang menjadi ibu rumah tangga dan hanya suami yang bekerja, mungkin bisa lebih enak lagi. Anda merintis usaha Anda, sementara suami Anda tetap mendapatkan gaji dari pekerjaannya. Masing-masing dari Anda sekarang menghasilkan pendapatan bagi keluarga. Bukan begitu?
SIAP MELUANGKAN WAKTU
Kalau Anda menjalankan usaha Anda sambil masih tetap bekerja, maka Anda harus siap meluangkan waktu. Bagi Anda yang menjalankan tugas sebagai ibu rumah tangga, Anda harus siap menyisihkan sekitar mungkin 4 jam setiap hari untuk mengurus usaha baru Anda. Bagi Anda yang juga bekerja di kantor, mungkin Anda harus siap menjalankan usaha Anda pada malam hari. Terserah Anda. Yang jelas, Anda harus memiliki komitmen untuk mau menjalankan usaha Anda, dan jangan kaget kalau nanti Anda akan lebih capek dari biasanya. Ini wajar, karena Anda menjalankan dua pekerjaan sekaligus kan?
Tapi apa yang membuat Anda mau lebih capek dari biasanya? Apa yang membuat Anda mau repot-repot menjalankan usaha Anda? Ini karena Anda ingin agar usaha Anda bisa berkembang kelak dan pengelolaannya bisa Anda serahkan ke anak buah Anda sehingga Anda bisa punya lebih banyak waktu untuk keluarga Anda kelak sementara tetap men-dapatkan penghasilan. Jadi, Anda investasi waktu (mau lebih sibuk) sekarang, dengan harapan agar Anda mendapatkan waktu yang lebih banyak kelak. Jadi, sesibuk apa pun sekarang, kenapa Anda tidak luangkan waktu untuk merintis sebuah usaha?
PERLU DUKUNGAN KELUARGA
Minta dukungan dari keluarga Anda. Kalau perlu, ajak suami Anda untuk ikut membantu Anda. Libatkan suami Anda dari awal. Dengan demikian, suami Anda bisa ikut berperan dalam usaha Anda. Dukungan suami itu penting lo. Banyak usaha rumahan yang gagal karena tidak adanya dukungan suami.
Bukan berarti Anda tidak akan berhasil dalam usaha Anda bila tidak didukung suami, tapi memang akan sangat membantu kalau suami Anda ikut mendukung usaha Anda kan? Kalau perlu, jangan katakan pada suami bahwa ini adalah usaha Anda. Katakan padanya bahwa ini adalah usaha keluarga, bukan usaha Anda. Kelak kalau usaha ini besar, suami Anda bisa ikut terlibat di dalamnya. Bukankah akan mengasyikkan bila suami-istri bekerja bersama membangun usaha keluarga?
TIDAK HARUS SEKOLAH TINGGI
Apakah Anda adalah salah satu dari mereka yang tidak mengenyam sekolah tinggi? Apakah Anda cuma lulusan SMP? Apakah Anda cuma lulusan SMEA? Atau apakah Anda sama sekali tidak pernah sekolah dan hanya punya pengalaman?
Baca ini: Anda tidak harus mengenyam sekolah tinggi lebih dulu untuk bisa membuka usaha dan berhasil dalam usaha Anda. Kita sudah sering mendengar dan melihat dengan mata kepala sendiri bahwa ada banyak orang berhasil dalam membangun usahanya dari nol, meski tidak memiliki pendidikan tinggi.
Apa resepnya sehingga mereka bisa berhasil? Ketekunan dan motivasi untuk bisa berhasil. Yang lebih penting, ia walaupun tidak sekolah tinggi mau belajar. Belajar tidak harus ditempuh dengan sekolah. Anda bisa belajar dari pengalaman Anda, dari buku, dan dari pengalaman orang lain (baik keberhasilan maupun kegagalannya). Satu lagi, mereka mau memulai usahanya dari kecil lebih dulu, sebelum lama-lama usaha itu menjadi besar. Percayalah, Anda punya kesempatan yang sama dengan saya, dan dengan orang yang lain untuk bisa berhasil, walaupun Anda tidak memiliki pendidikan tinggi sekalipun.
Jadi tunggu apa lagi? Tetapkan tekad untuk membuka usaha sampingan. Sekarang juga.
USAHA STUDIO PHOTO MINI
Sekarang makin banyak kamera digital yang dijual dengan harga murah, apalagi yang jenis pocket. Ini bisa menjadi peluang usaha kecil yang sangat menguntungkan bila kita tahu cara memanfaatkan peluang usaha modal kecil ini, seperti dengan membuka membuka studio photo kecil-kecilan atau studio photo mini, termasuk usaha cetak photo.
Apalagi kalau Anda sudah punya counter toko HP dan isi pulsa HP, Anda tinggal menambahkan saja usaha modal kecil ini.
Alat yang dibutuhkan :
- Kamera digital (bisa diganti dengan HP berkamera)
- Tripot
- Komputer
- Printer
Modal Kerja :
Kertas Photo A4 Rp. 800/lbr + tinta 500/lbr = Rp. 1.300/lbr
Harga Jual
1lbr A4 = 12 lbr ukuran 2R, jadi 12 x 1.000 = Rp. 12.000/lbr
Keuntungan
Rp. 12.000 - Rp. 1.300 = Rp. 10.700/lbr A4
Membangun Usaha Warnet yang Kompetitif
Usaha
warnet sebenarnya cukup mudah untuk didirikan dan dijalankan. Betapa
tidak, dengan membeli komputer, misalnya 10 buah, kemudian menginstalnya
dengan software, lalu membuat jaringan agar komputer satu dengan yang
lainnya terhubung, dan akhirnya mengalirkan koneksi internet ke jaringan
tersebut, maka jadilah usaha warnet.
Untuk mengelolanya juga tidak diperlukan orang-orang yang mempunyai
skill tinggi dengan gaji yang mahal. Cukup lulusan sma yang mengerti
tentang komputer. Mungkin karena mudahnya, banyak orang yang
berlomba-lomba mendirikan usaha warnet ini.
Jika kita melewati jalan-jalan besar dan disekitar jalan tersebut terdapat universitas, kos-kosan mahasiswa, atau perumahan padat,maka hampir dipastikan ada usaha warnet yang berdiri disitu. Jumlah dari usaha warnet itu tidak hanya satu, bahkan bisa lebih dari 3 untuk lokasi yang berdekatan.
Jika kita melewati jalan-jalan besar dan disekitar jalan tersebut terdapat universitas, kos-kosan mahasiswa, atau perumahan padat,maka hampir dipastikan ada usaha warnet yang berdiri disitu. Jumlah dari usaha warnet itu tidak hanya satu, bahkan bisa lebih dari 3 untuk lokasi yang berdekatan.
Walaupun sudah ada tiga usaha atau lebih, tetap saja ada warnet baru
yang bermunculan. Mereka bertarung untuk mendapatkan pelanggan yang
sama. Selain dari pembuatannya mudah, trend teknologi sebenarnya juga
mempunyai andil besar dalam pembentukan pasar dari usaha warnet.
Komunikasi dan informasi tiada batas itulah yang ditawarkan internet.
Menjamurnya usaha warnet membuat persaingan semakin keras. Mereka bertarung tidak hanya dari sisi kenyamanan, spesifikasi komputer,
dan kecepatan koneksi internet, bahkan dari sisi harga. Harga
diturunkan sampai merusak pasaran untuk memancing pelanggan. Jika kita
ingin bertahan, sudah selayaknyalah kita membangun usaha warnet yang kompetitif.
Daunnet
Seperti warnet-warnet pada umumnya, daunnet juga menyediakan jasa internetan, chatting, browsing, printing maupun burning. Untuk menjaga pangsa pasarnya, daunnet memberikan keistimewaan bagi konsumennya, antara lain memberikan paketan. Sehingga Daunnet memiliki satu nilai plus di bandingkan dengan warnet yang lainnya.
Seperti warnet-warnet pada umumnya, daunnet juga menyediakan jasa internetan, chatting, browsing, printing maupun burning. Untuk menjaga pangsa pasarnya, daunnet memberikan keistimewaan bagi konsumennya, antara lain memberikan paketan. Sehingga Daunnet memiliki satu nilai plus di bandingkan dengan warnet yang lainnya.
Satu paketnya terdiri dari 3 jam dengan harga Rp. 5000,00. Paket ini
berlaku mulai pukul 18.00 hingga pukul 24.00. Fasilitas lainnya adalah
menyediakan up date antivirus gratis yang selalu di up date setiap
harinya. Tempatnya nyaman, bersih dan ber AC. Daunnet juga menyediakan
berbagai snack dan soft drink bagi para konsumennya.
Memiliki 10 komputer yang beroperasi, Daunnet buka setiap hari, buka
mulai jam 08.00 hingga pukul 24.00, terdiri dari 2 shift. Setiap
shiftnya berdurasi 8 jam, dikelola oleh 5 operator. Untuk access standar
tarif yang dipatok Rp. 3000,- untuk setiap jamnya.
Untuk harga, printing per lembarnya Rp. 600,00 Burning Rp. 2500,00
per 1 keping CD. Harga soft drink berkisar antara Rp. 2.000,- hingga Rp.
2.500,00.
Semua warnet di jogjakarta pastilah menjadi pesaing bagi warnet ini.
Akan tetapi jarang ada warnet yang memiliki paketan seperti yang di
miliki oleh daunnet sehingga daunnet memiliki satu nilai plus di
bandingkan dengan warnet yang lainnya.
Langkah Awal Membangun Warnet
Dalam membuat dan merencanakan usaha warnet, ada beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan utama.
Dalam membuat dan merencanakan usaha warnet, ada beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan utama.
1. Pemilihan lokasi
Lokasi yang umumnya sangat strategis untuk usaha warnet/internet café dekat lokasi sekolah /kampus, atau dekat dengan pusat keramaian (tempat nongkrong). Sebagian pihak menyebut bahwa berlokasi dekat dengan kegiatan mahasiswa menguntungkan bagi Warnet. Alternatif pengunjung lain adalah kelompok pekerja. Lokasi sangat penting karena bisa dijadikan tolak ukur keberhasilan usaha warnet ini.
2. Jumlah komputer
Investasi komputer dalam jumlah banyak adalah faktor penting berikutnya. Selain tingkat utilisasi pemakaian koneksi Internet lebih tinggi, jumlah komputer yang memadai akan menghindarkan pengunjung dari menunggu terlalu lama atau meninggalkan Warnet. Konsekuensi jumlah komputer ini diikuti oleh investasi yang lebih besar untuk ongkos koneksi Internet.
Lokasi yang umumnya sangat strategis untuk usaha warnet/internet café dekat lokasi sekolah /kampus, atau dekat dengan pusat keramaian (tempat nongkrong). Sebagian pihak menyebut bahwa berlokasi dekat dengan kegiatan mahasiswa menguntungkan bagi Warnet. Alternatif pengunjung lain adalah kelompok pekerja. Lokasi sangat penting karena bisa dijadikan tolak ukur keberhasilan usaha warnet ini.
2. Jumlah komputer
Investasi komputer dalam jumlah banyak adalah faktor penting berikutnya. Selain tingkat utilisasi pemakaian koneksi Internet lebih tinggi, jumlah komputer yang memadai akan menghindarkan pengunjung dari menunggu terlalu lama atau meninggalkan Warnet. Konsekuensi jumlah komputer ini diikuti oleh investasi yang lebih besar untuk ongkos koneksi Internet.
3. Komputer (Hardware & Software)
Untuk komputer (khusus untuk warnet), carilah komputer yang layak namun tidak mahal. Carilah sesuai spesifikasi dan kebutuhan yang pas karena di warnet pasti user yang datang hanya untuk sekedar browsing atau chatting. Untuk software gunakan yang asli.
Untuk komputer (khusus untuk warnet), carilah komputer yang layak namun tidak mahal. Carilah sesuai spesifikasi dan kebutuhan yang pas karena di warnet pasti user yang datang hanya untuk sekedar browsing atau chatting. Untuk software gunakan yang asli.
4. Network / Jaringan
Jaringan yang digunakan menggunakan topogfari jaringan type STAR. Untuk jenis networknya menggunakan jenis LAN (Local Area Network). Beberapa perlatan standar yang dibutuhkan antara lain : HUB atau SWITCH HUB, 1 PC untuk dijadikan router , dan cable network (sebaiknya dibeli 1 rol untuk persiapan/penggantian kabel nantinya) , ethernet card atau sering disebut LAN card dan juga connector (RG 45).
Jaringan yang digunakan menggunakan topogfari jaringan type STAR. Untuk jenis networknya menggunakan jenis LAN (Local Area Network). Beberapa perlatan standar yang dibutuhkan antara lain : HUB atau SWITCH HUB, 1 PC untuk dijadikan router , dan cable network (sebaiknya dibeli 1 rol untuk persiapan/penggantian kabel nantinya) , ethernet card atau sering disebut LAN card dan juga connector (RG 45).
5. Biaya listrik
Biaya listrik per bulan ditentukan oleh kebutuhan listrik dari warnet tersebut. Untuk memperkirakan biaya listrik yang wajar tentu harus di analisa dulu seberapa besar kebutuhan daya listrik. Untuk 10 unit komputer, disarankan adalah minimal 6600 watt. Perkiraan biaya listrik untuk daya sebesar itu biasanya berada di kisaran Rp 900.000 s/d Rp 1.500.000 per bulan.
Biaya listrik per bulan ditentukan oleh kebutuhan listrik dari warnet tersebut. Untuk memperkirakan biaya listrik yang wajar tentu harus di analisa dulu seberapa besar kebutuhan daya listrik. Untuk 10 unit komputer, disarankan adalah minimal 6600 watt. Perkiraan biaya listrik untuk daya sebesar itu biasanya berada di kisaran Rp 900.000 s/d Rp 1.500.000 per bulan.
6. Biaya koneksi per bulan
Pilihan koneksi sangat beragam dan bergantung kepada lebar bandwidth, media koneksi, kualitas dll. Lebih baik untuk menentukan dulu kebutuhan bandwidth anda baru berbicara biaya koneksi. Untuk mengetahui berapa biaya koneksi per bulan dapat dilihat dari situs-situs ISP di Indonesia.
Pilihan koneksi sangat beragam dan bergantung kepada lebar bandwidth, media koneksi, kualitas dll. Lebih baik untuk menentukan dulu kebutuhan bandwidth anda baru berbicara biaya koneksi. Untuk mengetahui berapa biaya koneksi per bulan dapat dilihat dari situs-situs ISP di Indonesia.
Membangun Warnet yang Kompetitif
Yang menentukan adalah kemampuan manajemen warnet tersebut apakah bisa bertahan menghadapi persaingan. Persaingan di sini harus dilihat secara general. Saingan warnet bukan cuma warnet tetangganya. ISP juga saingan warnet, sebab ada produk-produk layanan mereka yang bersaingan langsung dengan warnet. PC/Notebook murah juga saingan warnet.
Yang menentukan adalah kemampuan manajemen warnet tersebut apakah bisa bertahan menghadapi persaingan. Persaingan di sini harus dilihat secara general. Saingan warnet bukan cuma warnet tetangganya. ISP juga saingan warnet, sebab ada produk-produk layanan mereka yang bersaingan langsung dengan warnet. PC/Notebook murah juga saingan warnet.
Kombinasi antara PC/Notebook murah dan Produk ISP yang murah atau
akses Wifi gratis adalah ancaman yang nyata bagi keberadaan Warnet.
Karena itu, warnet harus bisa menempatkan target pasar dan pelayanannya
dengan tepat jika tidak ingin tersingkir dari persaingan.
Kesuksesan usaha warnet bisa dilihat dari tingkat okupansinya. Yang
umum adalah 7 – 9 jam. Di bawah 7 jam maka warnet itu terhitung sepi.
Sementara di atas 9 jam warnet tersebut terhitung ramai (sekali).
Jarang sekali ada warnet yang memiliki tingkat okupansi di atas 9
jam. Semakin dikenalnya teknologi internet oleh masyarakat umum, membuka
peluang bagi warnet untuk terus berkembang.
Simulasi Laba Usaha Warnet 1 Bulan : Pemasukan Sewa Internet : Rp. 9.000.000,00 Softdrink & Snack : Rp. 300.000,00 Total : Rp. 9.300.000,00 Pengeluaran Bandwith : Rp. 1.700.000,00 Listrik : Rp. 800.000,00 Maintenance : Rp. 1.000.000,00 Gaji Operator : Rp. 1.500.000,00 Lain-lain : Rp. 200.000,00 Total : Rp. 5.700.000,00 Keuntungan Laba Bersih : Rp. 9.300.000,00 - Rp. 5.700.000,00 : Rp. 4.100.000,00
Bisnis Foto Copy
Jika
Anda menemukan lokasi yang berada di dekat sekolah atau universitas,
sepertinya cocok sekali jika menjalankan usaha foto copy. Bisnis fotocopy ini masih tetap menjanjikan dan
selalu memiliki pasar. Namun sebelum memutuskan usaha tersebut, cobalah
melakukan riset kecil-kecilan. Pada saat jam sekolah atau kuliah, coba
perhatikan seberapa sering mereka melakukan aktifitas foto copy.
Setelah itu ada berapa tempat foto copy yang ada di sekitar sekolah
atau universitas tersebut. Jika tempat foto copy yang sudah ada selalu
ramai, itu artinya pasar masih terbuka. Lakukan hal yang sama dengan
usaha rental komputer. Kemudian cobalah evaluasi hasil riset tadi, mana yang paling dibutuhkan pasar.
Cek berapa harga yang mereka harapkan dan seberapa cepat pelayanan
yang bisa dilakukan. Apakah perlu membeli juga mesin press/laminating,
atau cukup foto copy dan jilid saja.
Jangan lupa juga persiapan modal cadangan dan supplier. Terutama
untuk barang yang banyak terpakai/terjual seperti ATK, kertas,
toner/tinta, dan lainnya. Pastikan anda mendapatkan supplier yang baik
dan pasokan yang cukup.
Jangan sampai usaha sudah ramai tapi sering kehabisan stock karena
perlu beberapa hari untuk mendapatkan barang. Hal ini bisa membuat
konsumen lari ke pesaing anda. Setidaknya beberapa hal diatas pernah
dilakukan oleh Iliyesman, pemilik fotocopy ARTIM.
Mulai tahun 1994
Pada awalnya usaha ini didirikan oleh orang tuanya, kurang lebih pada tahun 1994, bertempat di depan Fakultas Kedokteran Gigi UGM.
Pada awalnya usaha ini didirikan oleh orang tuanya, kurang lebih pada tahun 1994, bertempat di depan Fakultas Kedokteran Gigi UGM.
Kemudian pada tahun 1998 membuka cabang di pusat jajanan RS Sardjito.
Dan pada tahun 2000 semua fotocopy di pusatkan di rumah yang
beralamatkan di Pogung Lor jalan Selokan Mataram.
Pada tahun 2007 akhirnya dia berhasil membuka usaha foto copy yang
dikelola sendiri di jalan Selokan Mataram, Pogung Dalangan RT 09 RW 20
Sinduadi Mlati Sleman yang bernama ARTIM foto copy.
Selain foto copy, produk yang ditawarkan dari foto copy ARTIM ini
adalah jilid, laminating, press, dan menjual peralatan tulis lainnya.
Keunggulan foto copy ARTIM dari foto copy lainnya adalah dari segi
pelayanan. Karyawan ARTIM foto copy berpenampilan menarik, rapi dan
ramah.
Menjaga Mutu
Foto copy ARTIM selalu menjaga mutu dari semua jasa yang dia jual kepada konsumen, cepat, tepat, rapi dan memuaskan. Semua faktor itu yang selalu mereka jaga guna untuk memuaskan para konsumen.
Foto copy ARTIM selalu menjaga mutu dari semua jasa yang dia jual kepada konsumen, cepat, tepat, rapi dan memuaskan. Semua faktor itu yang selalu mereka jaga guna untuk memuaskan para konsumen.
Agar mutu pelayanan terkontrol, semua proses produksi foto copy ARTIM
di tangani secara terstruktur. Semuanya dikerjakan di ruko berukuran 4m
x 4m. Bahan baku untuk memenuhi semua kebutuhan foto copy ini sudah di
suplai dari beberapa agen yang bekerjasama dengan mereka.
Iliyesman memiliki beberapa stategi untuk tetap eksis di dunia foto
copy. Caranya adalah memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh konsumen,
menjaga kualitas dan mutu dari apa yang meraka jual, menjaga kerapian
dan keindahan dari setiap order dari mereka.
Untuk mempromosikan usaha yang dia rintis, dia cukup menawarkan
kepada teman-temannya saja, dia memiliki beberapa link di UII dan UNY.
“Sempat juga dulu awal membuka foto copy ini memakai selebaran brosur
yang di sebar ke beberapa tempat strategis”, ujarnya.
Selain itu, pemilihan tempat atau lokasi untuk membuka usaha foto
copy juga sangat menentukan laris tidaknya usaha ini. Harga juga
termasuk salah satu faktor yang diperhatikan oleh konsumen. Harga yang
ditawarkan foto copy ARTIM bermacam-macam antara lain :
Fotocopy Biasa / 70 gr = Rp. 100,- / lembar
Fotocopy Biasa / 80 gr = Rp. 125,- / lembar
Jilid Mika = Rp. 2500,-
Jilid Biasa = Rp. 3000,-
Jilid Laminating = Rp. 6000,-
Jilid Skripsi = Rp. 12000,-
Fotocopy Biasa / 80 gr = Rp. 125,- / lembar
Jilid Mika = Rp. 2500,-
Jilid Biasa = Rp. 3000,-
Jilid Laminating = Rp. 6000,-
Jilid Skripsi = Rp. 12000,-
Musim Liburan Sepi Order
Kesulitan yang sangat dirasa untuk usaha fotocopy ini yaitu pada saat musim liburan tiba. Hampir setiap musim liburan foto copy ini selalu sepi akan order. Ditambah harga kertas mulai naik. Dia harus banting tulang untuk mencari agen kertas yang harganya relatif miring di bandingkan dengan agen kertas yang lainnya.
Kesulitan yang sangat dirasa untuk usaha fotocopy ini yaitu pada saat musim liburan tiba. Hampir setiap musim liburan foto copy ini selalu sepi akan order. Ditambah harga kertas mulai naik. Dia harus banting tulang untuk mencari agen kertas yang harganya relatif miring di bandingkan dengan agen kertas yang lainnya.
Hal itu disebabkan karena kebanyakan konsumen yang memakai jasa foto
copy ARTIM biasanya para mahasiswa UGM, bahkan tak jarang mahasiswa dari
luar UGM juga memakai jasa foto copyan mereka. Hanya instansi maupun
masyarakat umum yang pada waktu liburan masih tetap menggunakan jasa
fotocopy ARTIM.
Prospek Cerah
Menurut Iliyesman sang empunya ARTIM, usaha ini sangat memiliki prospek cerah untuk jangka waktu yang lama, akan tetapi harus juga mengimbangi dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang. Untuk itu dia berencana akan membuka rental komputer juga di ruko tersebut, dan memanfaatkan mesin foto copy sebagai printernya.
Menurut Iliyesman sang empunya ARTIM, usaha ini sangat memiliki prospek cerah untuk jangka waktu yang lama, akan tetapi harus juga mengimbangi dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang. Untuk itu dia berencana akan membuka rental komputer juga di ruko tersebut, dan memanfaatkan mesin foto copy sebagai printernya.
Dia juga mengimbuhkan semua pesaing datang dari semua foto copy yang
ada di Yogya, terlebih lagi fotocopy yang buka di sepanjang selokan
mataram, bersaing secara sehat, dan dia percaya rezeki orang itu
sendiri- sendiri. “Kalo kita mau berusaha dengan giat dan pantang
menyerah pastilah Allah SWT akan memberi setimpal dengan apa yang kita
usahakan”, kata dia.
1.Simulasi Laba Usaha Fotocopy
Pendapatan
Rp. 2.500.000 perminggu x 4 = Rp. 10.000.000,-/bulan
2.Pengeluaran
Biaya Pembelian Bahan Baku :
1. Rp 1.250.000,00 (pembelian kertas/bulan)
2. Rp 250.000,00 (pembelian tinta/bulan)
3.Biaya Operasional Perbulan
Gaji karyawan = Rp 800.000,00 / bulan
Membayar Listrik = Rp 4.000.000,00 / bulan
Biaya tak terduga = Rp 400.000,00 / bulan
4.Keuntungan
Laba Bersih : Rp. 10.000.000,00 - Rp. 6.700.000,00 = Rp. 3.300.000,00Sego Macan
Bentuk
warungnya sederhana, suasana ruangannya lebih terkesan apa adanya.
Namun jika anda duduk sambil ngobrol – ngobrol di ruangan ini, anda akan
merasa betah untuk berlama – lama. Daya tarik dari luar jalan yang
terlihat menarik membuat orang ingin mencoba untuk bersinggah ke warung
makan ini.
Itulah Sego Macan, terinspirasi dari warung angkringan yang dipadukan dengan konsep yang lebih nyantai dalam sebuah tempat makan. Sehingga para pelanggan dapat menikmati ngobrol – ngobrol ditemani dengan minuman yang khas dan makanan yang ringan. Sego macan merupakan perpaduan antara angkringan dan tempat nongkrong.
” Ketika itu Jogja baru rame – ramenya untuk mendirikan cafe, sehingga saya dibantu beberapa teman ingin membuat usaha cafe juga tapi untuk konsumen menengah kebawah. Makanya kami mendirikan Kopi Klotok ” jelas Kancir sebagai pengelola usaha ini.
Kopi klotok merupakan kopi yang dipanaskan hingga mendidih, sehinga
butiran – butiran kopinya terasa di minumannya. Selain itu juga ada rasa
yang berbeda dengan campuran kopinya, sehingga lebih terasa nikmat
dilidah.
Pada awal usahanya, Kopi Klotok atau Sego Macan ini juga mengalami
berbagai kendala. Diantaranya adalah sepi pengunjung. Namun, berkat
usaha mas kancir dengan memanggil beberapa teman – temannya untuk
singgah dan nongkrong, akhirnya hingga saat ini warung kopi klotok atau
sego macan ini bisa menghasilkan 150 – 250an pengunjung setiap harinya.
”
Warung Makan ini berdiri bulan Januari 2007, namun pada awalnya warung
makan ini diberi nama kopi klotok. Setelah 4 bulan, sekitar bulan Mei
2007, sego macan baru kami buat ” kenang Nasrurohman nama asli dari
Kancir. Hingga kini baik kopi klotok ataupun sego macan, sudah terkenal
dan memiliki cabang didaerah Timoho Jogja, sebelah Utara Balaikota.
“Sebenarnya Sego Macan itu yang khasnya adalah nasinya bakar dan
sambalnya yang super pedas. Dan komposisi lauk pauknya seperti nasi
kucing, namun porsinya lebih besar, makanya kita namakan sego macan (
nasi macan )” jelasnya.
Warung makan tempat tongkrongan ini selalu ramai dikunjungi oleh para
mahasiswa pada malam hari, rata – rata pengunjung disini menikmati
minum sambil ngobrol – ngobrol. Minuman yang disajikan pun sangat
beragam, mulai dari kopi, susu, minuman instan seperti milkshake, es blender, minuman rempah
(kayu manis, jahe) dll. Sedangkan untuk jenis makanan yang ditawarkan
adalah jenis makanan angkringan, seperti sate usus, tempe bakar, ceker,
mie rebus, dll.
Dikarenakan setiap harinya pengunjung selalu ramai, Sego Macan
melakukan penambahan tempat di sekitar usahanya. Salah satunya dengan
memberikan tikar di pinggiran trotoar, dengan diberi pembatas kayu pada
tepi sungai, pengunjung dapat ngobrol – ngobrol santai.
Jika anda berkunjung pada hari Kamis, Jumat, dan Sabtu, maka warung
makan ini terlihat sangat ramai. Namun untuk hari – hari biasa, warung
makan ini tidak begitu ramai sehingga anda bisa menikmati ngobrol dengan
teman hingga Pkl. 02.00 WIB.
Kini sego macan yang beroperasi Pkl. 16.00 WIB telah masuk sebagai
daftar wisata kuliner di pemda Yogyakarta, dan juga telah diliput dari
berbagai media lokal dan nasional, seperti Jogja TV, Indosiar, TVRI dan
beberapa koran lokal, sebagai tempat wisata kuliner yang menarik untuk dikunjungi.
Proyeksi Keuangan Sego Macan Investasi Awal : Rp 30.000.000 Pendapatan Rp 800.000 x 30 hari : Rp 24.000.000 Bahan Baku (40% ) : Rp 9.600.000 Laba Kotor : Rp 14.400.000 Biaya Operasional Gaji 6 Pegawai : Rp 3.000.000 Sewa Tempat : Rp 1.500.000 Biaya Lain - lain : Rp 2.000.000 TOTAL : Rp 6.500.000 Laba Bersih / bln : Rp 7.900.000
Pisang Gaul Segudang Rasa
Bagaimana rasanya jika ada pisang goreng yang memiliki rasa blueberry, cocoa, coffe, durian, greentea, lemon, mango, pinneaple, strawberry, talas, vanilla atau rasa campur.
Gebrakan bisnis Tela – tela Fried Cassava
yang telah merambah hampir seluruh penjuru nusantara sekarang ini tidak
lepas dari sistem manajemen Tela – tela yang mempunyai visi dan misi
sederhana. Visi dan Misi sederhana yang diracik dan mempermudah bagi
semua orang untuk menjalankan bisnis modal kecil namun profitable.
Berkaca dari kesuksesan franchise Tela – tela yang sudah merambah di
seluruh Indonesia, Manajemen Tela – tela Pusat menghadirkan sebuah
produk makanan yang inovatif lainnya dengan bahan baku dari pisang. Bisnis tersebut diberi brand Mr.Piss
” Mr.Piss ini merupakan inovasi kami
dari Divisi Research and Development untuk menghadirkan produk makanan
yang inovatif kepada masyarakat ” dijelaskan Eko Yulianto
Mr. Piss ini baru ada beberapa outlet
di Indonesia, diantaranya : Jogja 2 outlet, Medan 4-5 outlet, Tangerang
1 outlet, Bengkulu dan Palembang masing – masing 1 outlet.
Strategi pemasaran yang dilakukan pihak manajemen CV. Effa Indoboga untuk memperkenalkan Mr.Piss, pisang gaul degudang rasa
kepada masyarakat melalui kegiatan promosi dan publikasi, biasanya
melalui pameran – pameran produk. Diantaranya pameran PRJ ( Pekan Raya
Jakarta ), Franchise Expo, pameran wisata kuliner, dll
” Kemarin kami mengkuti Festival
Kuliner Nusantara yang diadakan di Jogja Expo Centre (JEC), disitu
permintaan dari masyarakat untuk bergabung dengan Mr.Piss sangat banyak,
hingga kami kewalahan ” dijelaskan Eko Yulianto yang merupakan salah
satu dari pemilik usaha ini.
Alasan Franchise Mr. Piss
1. Produk Inovasi, menarik, enak, dan mengenyangkan dengan harga yang terjangkau
2. Sistem Franchise yang sudah teruji tentunya.
3. Investasi yang terjangkau dibandingkan produk sejenis tentunya.
4. Break Event Point yang relative lebih cepat karena diberlakukannya sistem pembatasan outlet di suatu area ( pembatasan franchise )
5. Konsep Take Away yang menjadikan Mr.Piss tidak membutuhkan space yang luas tentunya dan bisa dijalankan di kaki lima
6. Menggunakan sistem franchise yang dilandasi dengan semangat kekeluargaan akan memudahkan master franchisee dan franchisee dalam mengkomunikasikan segala keluhan.
7. Jaminan akan adanya inovasi produk sehingga bisnis ini bukanlah bisnis sesaat saja. Selalu tampil menjadi innovation leader not follower.
8. Memiliki cita rasa yang unik tanpa meninggalkan kualitas, rasa dan harga.
9. Master Franchisee dan Franchisee bisa melakukan konsultasi setiap saat dengan adanya Information Division Mr.Piss.
10. Manajemen yang solid dan tangguh yang sudah teruji yang dibuktikan dengan kesuksesan Tela – tela fried cassava yang menjadi snack favorit no 1 di Yogyakarta th. 2006.
2. Sistem Franchise yang sudah teruji tentunya.
3. Investasi yang terjangkau dibandingkan produk sejenis tentunya.
4. Break Event Point yang relative lebih cepat karena diberlakukannya sistem pembatasan outlet di suatu area ( pembatasan franchise )
5. Konsep Take Away yang menjadikan Mr.Piss tidak membutuhkan space yang luas tentunya dan bisa dijalankan di kaki lima
6. Menggunakan sistem franchise yang dilandasi dengan semangat kekeluargaan akan memudahkan master franchisee dan franchisee dalam mengkomunikasikan segala keluhan.
7. Jaminan akan adanya inovasi produk sehingga bisnis ini bukanlah bisnis sesaat saja. Selalu tampil menjadi innovation leader not follower.
8. Memiliki cita rasa yang unik tanpa meninggalkan kualitas, rasa dan harga.
9. Master Franchisee dan Franchisee bisa melakukan konsultasi setiap saat dengan adanya Information Division Mr.Piss.
10. Manajemen yang solid dan tangguh yang sudah teruji yang dibuktikan dengan kesuksesan Tela – tela fried cassava yang menjadi snack favorit no 1 di Yogyakarta th. 2006.
Bagaimana caranya untuk bergabung dengan Mr. Piss
” Caranya mudah kok, tinggal hubungi
call centre atau marketing kami, setelah itu kami akan menjelaskan
dengan presentasi singkat bisnis dan survey lapangan ” ujar Eko.
Untuk menjadi Master Franchisee, langkah – langkah yang dilakukan adalah :
1. Presentasi singkat bisnis& survey lapangan
2. Mengisi form persyaratan
3. Wawancara dengan manajemen pusat
4. Penandatanganan Master Franchisee Agreement
5. Pembayaran Master Franchisee Fee sebesar Rp 2.500.000 untuk 5 tahun
6. Pembayaran Investasi Rp 12.500.000
7. Pelatihan Karyawan
8. Grand Opening
2. Mengisi form persyaratan
3. Wawancara dengan manajemen pusat
4. Penandatanganan Master Franchisee Agreement
5. Pembayaran Master Franchisee Fee sebesar Rp 2.500.000 untuk 5 tahun
6. Pembayaran Investasi Rp 12.500.000
7. Pelatihan Karyawan
8. Grand Opening
Sedangkan untuk Frachisee, langkah – langkahnya adalah :
1. Presentasi singkat bisnis dan survey lapangan oleh master franchisee
2. Mengisi form persyaratan
3. Wawancara
4. Penandatanganan Franchisee Agreement
5. Pembayaran biaya investasi peralatan dan Francisee fee Rp 12.500.000
6. Pelatihan Karyawan
2. Mengisi form persyaratan
3. Wawancara
4. Penandatanganan Franchisee Agreement
5. Pembayaran biaya investasi peralatan dan Francisee fee Rp 12.500.000
6. Pelatihan Karyawan
” Sebelum menjalankan bisnis
franchisee ini, terlebih dahulu pihak franchisee ( pewaralaba ) harus
menyiapkan lokasi untuk stand nantinya, setelah itu kami survey untuk
kelayakan lokasinya ” dijelaskan Eko Yulianto lulusan Ekonomi Manajemen
UPN “V” Yogyakarta.
Biaya Investasi Mr. Piss
Untuk Master Franchisee kami
memberikan fasilitas yang lebih banyak daripada franchisee, namun
kewajibannya pun seimbang dengan pendapatannya.
Biaya Investasi Master Franchise
1. Master Franchisee Fee : Rp 2.500.000
2. Start up Cost : Rp 5.000.000
3. Joint Fee Outlet / 5 th : Rp 5.000.000
4. Training Fee : Rp 2.500.000
5. Royalty & Marketing Fee / bln : Rp 6% dari Omset +
2. Start up Cost : Rp 5.000.000
3. Joint Fee Outlet / 5 th : Rp 5.000.000
4. Training Fee : Rp 2.500.000
5. Royalty & Marketing Fee / bln : Rp 6% dari Omset +
TOTAL INVESTASI Rp 15.000.000
Fasiltas yang didapat
1. Marketing Support
2. Profit Share dari omset seluruh Outlet
3. Training Produk
2. Profit Share dari omset seluruh Outlet
3. Training Produk
Biaya Investasi Franchisee
1. Start up Cost : Rp 5.000.000
2. Joint Fee Outlet / 5 tahun : Rp 5.000.000
3. Training Fee : Rp 2.500.000
4. Royalty Fee : 6% dari Omset +
TOTAL INVESTASI : Rp 12.500.0002. Joint Fee Outlet / 5 tahun : Rp 5.000.000
3. Training Fee : Rp 2.500.000
4. Royalty Fee : 6% dari Omset +
Warung Fasilitas Hotspot? Kenapa Tidak
Terletak disebuah ruko yang berukuran 3m x 5 m, dan dipenuhi oleh pengunjung yang sedang asyik dengan laptopnya.
Terkesan seperti burjo (warung makan bubur kacang ijo), tapi bukan
sembarang burjo, karena pengunjung disini rata – rata memiliki laptop
semua.
Sambil melakukan browsing, pengunjung memesan minuman dan makanan yang harganya sangat terjangkau. Ya, itulah B-Hot atau singkatan dari Burjo Hotspot.
Wahyu ( 27th ) yang merupakan salah satu dari pemilik dari B-Hot.
Lulusan Teknik Informatika UAD (Univ. Ahmad Dahlan Yogyakarta) ini
bersama rekan – rekannya membangun sebuah warung makan yang dapat
mengaplikasikan bidang pendidikannya.
“Saya memilih burjo sebagai tempat hotspotan karena aplikasi dari
burjo itu praktis dan instan. Tidak perlu repot – repot menyediakan
berbagai menu makanan dan minuman. Serta pengelolaannya lebih sederhana ”
jelasnya.
Wahyu yang telah menikah bulan Maret 2008 kemarin menuturkan, kendala mendirikan usaha
ini pada awalnya adalah mencari karyawan. ” Saya sampai keliling Jogja,
dan mendatangi burjo – burjo untuk melihat bagaimana kinerja dari
karyawanya. Kebetulan pada sebuah burjo saya mendapatkan salah satu
karyawan yang ingin bergabung dengan usaha saya ” kata suami dari Ratna
Hastari ini.
Menu minuman yang terdapat di warung makan B-Hot ini antara lain :
nasi telor, nasi goreng, mie rebus, mie goreng. Untuk variasi
minumannya, Es Teh, Es Jeruk, Susu, Kopi, Kopi Susu dan minuman sachetan
lainnya. Jadi praktis, B-Hot sendiri hanya menyediakan nasi putih dan 2
macam lauk pauk ( untuk nasi telornya ). Selebihnya berasal dari
makanan instan.
Strategi Pemasaran
Keunggulan dari B-Hot ini adalah letaknya yang strategis di daerah kampus, sehingga dekat dengan lingkungan kost – kostan. Selain itu ruangan yang cukup untuk kapasitas 20 – 30 orang pengunjung ini, berada di ruko yang selalu ramai dikunjungi.
Keunggulan dari B-Hot ini adalah letaknya yang strategis di daerah kampus, sehingga dekat dengan lingkungan kost – kostan. Selain itu ruangan yang cukup untuk kapasitas 20 – 30 orang pengunjung ini, berada di ruko yang selalu ramai dikunjungi.
Kegiatan promosi yang dilakukan B-Hot ini terbilang cukup sederhana.
Hanya menyebarkan brosur – brosur yang disebar ke daerah kost – kostan
di sekitar kampus UPN. Dan juga banyak dibantu oleh para konsumen yang
memberikan komentarnya di blog atau milis di internet.
Harga yang diberlakukan B-Hot tidak mahal dan terbilang murah untuk katagori sebuah cafe atau warung makan
yang menyediakan fasilitas wifi. Untuk minumannya, warung makan ini
mematok harga Rp 1.500 – Rp 3.500 setiap jenis. Sedangkan untuk
makanannya dijual dengan harga
Pada pengembangannya B-Hot berencana akan membuka cabang di beberapa
titik di Jogja, dengan tetap menggunakan nama B-Hot sebagai brand
usahanya. Kini B-Hot telah memiliki pelanggan tetap
B-Hot kini telah diliput oleh berbagai media, antara lain stasiun
Trans TV, Majalah Kabare Jogja, Koran Harian Jogja, Majalah Kampus UII,
dll. Dengan pelayanan buka 24 jam non stop, saat ini B-Hot telah
memiliki pengunjung sebanyak 100 – 150 pengunjung setiap harinya.
Jadi, Warung fasilitas hotspot? kenapa tidak. Anda pun bisa menciptakan peluang usaha yang lebih brilian dari ini, siapa tahu dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Selamat berbisnis.
Analisa Keuangan Omset penjualan 30 hari x @ 750.000 : Rp 22.500.000 Bahan Baku (30%) : Rp 6.750.000 Laba Kotor : Rp 15.750.000 Biaya Operasional Langganan Speedy : Rp 750.000 Gaji 4org Karyawan : Rp 3.000.000 Sewa Tempat : Rp 1.000.000 Biaya Lain - lain : Rp 2.500.000 TOTAL : Rp 7.250.000 Laba bersih : Rp 8.500.000
USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG
ANALISA USAHA
Analisis biaya dan pendapatan
dapat dilihat dalam rincian sebagai berikut :
1). Input
a). Biaya Investasi
- Pembuatan kandang tahun 1 = Rp.35.000,00
- Pembuatan kandang dan Box tahun 11 =Rp.40.000,00
- Pembuatan pagar keliling =Rp.125.000,00
Total biaya investasi =Rp.200.000,00 (1)
1). Input
a). Biaya Investasi
- Pembuatan kandang tahun 1 = Rp.35.000,00
- Pembuatan kandang dan Box tahun 11 =Rp.40.000,00
- Pembuatan pagar keliling =Rp.125.000,00
Total biaya investasi =Rp.200.000,00 (1)
b). Biaya Operasi
- Pembelian 155 ekor ayam=155xRp900,00 =Rp.139.500,00
- Pembelian untuk 155 ekor ayam=13.578xRp120,00 =Rp.1.29.360,00
- Pembelian pakan untuk 189 DOC sampai umur 3 bulan =1.154,64xRp.120,00 = Rp.138.556,80
- Pembelian pakan untuk 183 ekor ayam=Rp.10.266,3x120,00 = Rp.1.231.956,00 +
Total pembelian pakan =Rp.2.999.872,80
- Pembelian 155 ekor ayam=155xRp900,00 =Rp.139.500,00
- Pembelian untuk 155 ekor ayam=13.578xRp120,00 =Rp.1.29.360,00
- Pembelian pakan untuk 189 DOC sampai umur 3 bulan =1.154,64xRp.120,00 = Rp.138.556,80
- Pembelian pakan untuk 183 ekor ayam=Rp.10.266,3x120,00 = Rp.1.231.956,00 +
Total pembelian pakan =Rp.2.999.872,80
- Biaya vaksin dan obat cacing
untuk ayam muda dan dewasa =Rp.3.000 ,00
- Biaya vaksin dan obat cacing/DOC =Rp.1.000 ,00
Total biaya operasi =Rp.139.500,00 + Rp.2.999.872,80 + Rp 4000,00 =Rp.3.143.372,80
- Biaya vaksin dan obat cacing/DOC =Rp.1.000 ,00
Total biaya operasi =Rp.139.500,00 + Rp.2.999.872,80 + Rp 4000,00 =Rp.3.143.372,80
c). Penyusutan dan
Perbaikan
- Penyusutan kandang 1 tahun =Rp.2.500,00
- Penyusutan pagar 1 tahun =Rp.3.000.00
- Perbaikan kandang 1 tahun =Rp. 4.000,00
- Perbaikan kandang 1 tahun =Rp. 5000,00
Total =Rp. 14.50000
- Penyusutan kandang 1 tahun =Rp.2.500,00
- Penyusutan pagar 1 tahun =Rp.3.000.00
- Perbaikan kandang 1 tahun =Rp. 4.000,00
- Perbaikan kandang 1 tahun =Rp. 5000,00
Total =Rp. 14.50000
2).Output
- Penjualan telur selama pemeliharaan= 49.300xRp850,00=Rp 41 905.000,00
- Penjualan ayam afkir @Rp40.000,00 =Rp 6.200.000,00
- Penjualan dari telur yang dikomsumsi =3060x500=Rp 1.530.000,00
Total Rp 49.635.000,00
- Penjualan telur selama pemeliharaan= 49.300xRp850,00=Rp 41 905.000,00
- Penjualan ayam afkir @Rp40.000,00 =Rp 6.200.000,00
- Penjualan dari telur yang dikomsumsi =3060x500=Rp 1.530.000,00
Total Rp 49.635.000,00
3). Keuntungan Yang
Diperoleh
Rp 49.635.000,00 – Rp25.034.099.00 = 24.600.001,00
Rp 24.600.001,00 : 20bln = Rp 1.230.000,00 /bln
Rp 49.635.000,00 – Rp25.034.099.00 = 24.600.001,00
Rp 24.600.001,00 : 20bln = Rp 1.230.000,00 /bln
Analisa Usaha Bengkel Sepeda Motor
Pemerintah telah menurunkan harga BBM beberapa hari lalu. Anehnya
ongkos angkutan umum tidak ikut turun. Pengusaha angkutan enggan
menurunkan tarif angkutan dengan alasan biaya suku cadang yang masih
mahal terkait rendahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika.
Ini adalah peluang bagi para produsen sepeda motor, karena akan banyak orang yang beralih ke sepeda motor dengan biaya yang lebih murah. Beberapa produsen sepeda motor telah merencanakan untuk meningkatkan jumlah produksi dan penjualan ke konsumen Indonesia. Sepeda motor tentu membutuhkan perawatan dan penggantian suku cadang. Semakin banyaknya sepeda motor serta sedkitnya bengkel yang tersedia adalah peluang baru calon pengusaha baru. Namun apa saja kira-kira yang harus disiapkan untuk memulai usaha ini ini? berikut ini analisa kebutuhan modal dan keuntungannya:
BIAYA OPERASIONAL
Ini adalah peluang bagi para produsen sepeda motor, karena akan banyak orang yang beralih ke sepeda motor dengan biaya yang lebih murah. Beberapa produsen sepeda motor telah merencanakan untuk meningkatkan jumlah produksi dan penjualan ke konsumen Indonesia. Sepeda motor tentu membutuhkan perawatan dan penggantian suku cadang. Semakin banyaknya sepeda motor serta sedkitnya bengkel yang tersedia adalah peluang baru calon pengusaha baru. Namun apa saja kira-kira yang harus disiapkan untuk memulai usaha ini ini? berikut ini analisa kebutuhan modal dan keuntungannya:
NO
|
ITEM
|
JUMLAH
|
HARGA
|
TOTAL
|
1
|
Air Compressor
|
1
|
1.500.000
|
1.500.000
|
2
|
Bor Listrik
|
1
|
500.000
|
500.000
|
3
|
Kunci palang
crum
|
1
|
200.000
|
200.000
|
4
|
Gerinda
|
1
|
300.000
|
300.000
|
5
|
Palu karet
|
1
|
100.000
|
100.000
|
6
|
Obeng 66
KRSTL 4 in
|
1
|
100.000
|
100.000
|
7
|
Kunci sok Y
10-11-12
|
1
|
100.000
|
100.000
|
8
|
Kunci ring
pas 14-15
|
1
|
100.000
|
100.000
|
9
|
Kunci pas
12-13
|
1
|
100.000
|
100.000
|
10
|
Kunci sok T
12 m 10-11
|
1
|
100.000
|
100.000
|
11
|
Obeng Y
|
1
|
200.000
|
100.000
|
12
|
Tang besi
|
1
|
100.000
|
100.000
|
13
|
Kabel gulung
12 mtr
|
1
|
100.000
|
100.000
|
14
|
Kuas hitam
ukuran 2
|
2
|
50.000
|
100.000
|
15
|
Amplas duco
|
1
|
100.000
|
100.000
|
16
|
Etalase
|
1
|
1.500.000
|
1.500.000
|
17
|
Meja kursi
|
1 set
|
500.000
|
500.000
|
|
JUMLAH TOTAL
| | |
5.600.000
|
Barang-barang tersebut bias diperoleh di: Depo Teknik,
Komplek Glodok Jl. Hayam Wuruk no 82. Telp. 6255333
Atau Toko Maju Abadi, Telp. 6597843
Atau Toko Maju Abadi, Telp. 6597843
SPAREPART DLL
NO
|
ITEM
|
TOTAL
|
1
|
Kampas rem
|
3.000.000
|
2
|
Ban dalam
|
2.500.000
|
3
|
Ban luar
|
2.500.000
|
4
|
Busi
|
1.500.000
|
5
|
Rante
|
2.500.000
|
6
|
Oli mesin
|
2.500.000
|
7
|
Oli samping
|
2.500.000
|
8
|
Lampu depan/
blkng
|
1.500.000
|
9
|
Aki
|
2.500.000
|
10
|
Lain-lain
|
1.000.000
|
|
JUMLAH TOTAL
|
22.000.000
|
Barang-barang tersebut bias di dapat di sepanjang
jalan Otista Kampung Melayu, atau di Jl. Kebun Jeruk III no. 23 Jakbar
Telp. 6248465
NO
|
ITEM
|
TOTAL
|
1
|
Sewa tempat
|
2.000.000
|
1
|
Gaji
karyawan 3 org
|
4.500.000
|
2
|
Listrik
|
1000.000
|
3
|
Telepon
|
500.000
|
4
|
Transportasi
|
500.000
|
5
|
Lain-lain
|
1000.000
|
|
JUMLAH TOTAL
|
9.500.000
|
TOTAL MODAL =
37.100.000
Perkiraan keuntungan: 20 % dari modal = 7.420.000
Perkiraan keuntungan: 20 % dari modal = 7.420.000
Peluang usaha counter hp
1. Modal kecil
Anda jangan khawatir dengan modal kecil akan sulit mendapatkan keuntungan yang banyak. Untuk modal kecil di usaha counter hp dapat dimulai dari 1.6 juta. Rinciannya anda dapat membeli satu etalase kecil berharga Rp 700.000 sedangkan sisanya untuk membeli kartu perdana hp dan pulsa elektrik. Saat awal usaha usahakan jumlah kartu perdana anda 1 provider 5 kartu misalnya kartu simpati jumlah kartunya 5 buah serta sebaiknya kartu perdana jualan anda yang banyak digunakan misal As, simpati, IM3, mentari, XL, flexi. Tujuannya agar kerugiannya kecil dan anda dapat menghitungkan perdana hp yang laris di beli oleh pembeli. Untuk perdana hp yang laris kemudian ditambah jumlahnya, soal keuntungannya dapat dirinci misal 1 hari terjual pulsa elekrik dan perdana sebanyak 45 provider dengan keuntungan bersih rata-rata Rp. 1.500 sehingga totalnya 45x Rp 1.500 = Rp 67.500, untuk 1 bulan sebesar Rp 67.500 x 30= Rp 2.025.000. Untuk belanja pulsa sebulan misalnya anda tiap minggu belanja pulsa rata- rata Rp 250.000 maka 1 bulan Rp 250.000 x 4 = Rp 1.000.000. Keuntungan bersih dalam 1 bulan adalah Rp 2.025.000 – Rp 1.000.000 =Rp 1.025.000, sedangkan balik modalnya yaitu Rp 1.600.000 : Rp 1.025.000 = rata – rata 1 bulan. (hitungan ini belum termasuk sewa lahan)
2. Modal besar
Selain menjual pulsa, anda juga dapat melakukan jual-beli hp second/baru sehingga modalnya cukup besar untuk memulainya. Soal keuntungan bersih dan balik modal dari jualan pulsa dapat dilihat di modal kecil. Keuntungan dari jual hp second/baru minimal Rp 25.000 sedangkan soal stok hp second/baru, anda harus menyediakan uang minimal 1.5 juta/ hari untuk belanja hp. Selain itu anda harus pintar-pintar melihat kondisi hp second yang dijual kepada anda serta memberikan harga yang sesuai dengan kondisi barang. Jika ingin keuntungan besar, anda harus pintar menekan harga semurah-murahnya lalu jual dengan harga umum hp second. Agar anda tidak tertipu anda dapat membaca koran/tabloid/majalah tentang harga - harga hp. Dari sumber yang saya dapat, di sebuah counter dapat menjual rata – rata 4 hp/hari dengan keuntungan rata – rata Rp 25.000/hp dan totalnya Rp 25.000 x 4= Rp 100.000. Bayangkan dalam 1 bulan keuntungannya?? Rp 100.000 x 30= Rp 3.000.000, jika ditambah keuntungan dari jualan pulsa maka Rp 3.000.000 + Rp 1.025.000 = Rp 4.025.000/ bulan. Angka yang cukup fantastis untuk memenuhi kebutuhan anda sehari –hari. Untuk balik modalnya misalnya memakai menambah 1 etalase kecil dengan harga Rp 700.000 maka total 2xRp 700.000 = Rp 1.400.000. Jika dijumlah dengan belanja awal pulsa sebesar Rp 900.000 dan belanja awal hp Rp 2.000.000 maka total modal awalnya Rp 4.300.000, maka balik modalnya Rp 4.300.000 : Rp 4.025.000 = 1 bulan. (hitungan ini belum termasuk sewa lahan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar