Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Senin, 07 Mei 2012

Konsumsilah aku untuk kesehatanmu........


Nilai Gizi Dalam Jeruk 



Anda mungkin sudah sangat familier dengan buah jeruk dan mangga,  jeruk dan mangga merupakan buah buahan yang sangat  mudah kita temukan. Bahkan buah buahan ini dapat kita temukan di seluruh nusantara. Kali ini saya ingin berbagi ilmu tentang nilai gizi yang dikandung  oleh keduanya yang saya kutip dari situs organicfacts.net. Apa saja yang terkandung dalam jeruk dan mangga, dan apa saja manfaatnya??? Marik kita simak!

Jeruk

Berdasarkan fakta penelitian, Jeruk merupakan sumber  mineral yang baik bagi tubuh kita. Mineral tersebu seperti kalsium , zat besi, natrium , tembaga , fosfor , kalium , magnesium, dan sulfur. Selain itu, jeruk juga mengandung  klorin.
Selain mengandung mineral, jeruk juga  dikenal sebagai seumber  vitamin C dengan jumlah yang tinggi. Oleh karenanya  jeruk dapat membantu dalam menyerap kalsium ke dalam tubuh serta dapat  menjaga kesehatan gigi dan tulang. Selain memiliki  kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk juga mengandung vitamin A dan vitamin B.
100g jeruk mengandung sekitar 60 kalori. Energi ini tersedia dalam bentuk gula yang dapat diserap oleh tubuh kita dengan mudah. Oleh karenanya jus jeruk sering diberikan  pada orang yang badannya lemah karena sakit untuk memulihkan tubuhnya. Jus jeruk juga merupakan minuman segar dan baik untuk memulihkan kebugaran setelah tubuh kita mengalami kelelahan panjang.
Nilai gizi jeruk sangat  baik untuk mengatasi beberapa  gangguan seperti gangguan  pencernaan, sembelit, gangguan usus, dan dispepsia. Selain itu jeruk juga sangat baik dalam merawat organ tubuh kita seperti perawatan gigi, gusi, dan kesehatan tulang.

Manfaat Aple Untuk Kesehatan



Anda pasti tau buah aple bukan? Saya yakin anda pasti tau! karena meskipun tidak semua daerah dapat ditumbuhi pohon apel, akan tetapi pendistribusian buah apel sudah hampir merata di semua daerah. Selain terlihat cantik, buah ini terasa manis sehingga banyak orang menyukainya. Ternyata, selain buah ini terasa nikmat dimakan, buah apel juga akan memberikan efek sehat bagi yang mengkonsumsinya. Nah, seperti apakah manfaat buah apel untuk kesehatan kita? Yuk kita simak satu persatu!.

Buah Apel Dapat Memperkuat Tulang

Pada usia lanjut biasanya manusia akan mengalami yang namanya tulang keropos. Tentu hal ini tidak anda inginkan bukan?. Agar terhindar dari yang namanya tulang keropos, usaha yang bisa anda lakukan adalah mengkonsumsi buah apel. Karena dalam buah apel terdapat zat yang bernama phloridzin. Zat tersebut dapat melindungi dan memperkuat tulang anda setelah anda memasuki usia lanjut.

Buah Apel Dapat Mencegah Penyakit Alzheimer

Seiring bertambahnya usia, manusia akan mengalami penurunan fungsi otaknya. Bahkan ada yang mengalami kehilangan memori atau lupa ingatan. Gangguna semacam ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah apel.
Sebuah penelitian pada tikus di Universitas Cornell menemukan bahwa quercetin dalam apel dapat melindungi sel otak dari jenis kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

Buah Apel Membantu Menyembuhkan Penyakit Asma

Sebuah studi menunjukan bahwa apel dapat membantu menyembuhkan penyakit asma. Dalam penelitian tersebut terbukti bahwa anak yang mengidap penyakit asma dan minum jus apel setiap hari lebih mudah sembuh ketimbang anka yang mengkonsumsi jus apel sebulan sekali.
Penelitian lain juga menunjukan bahwa anak yang lahir dari seorang ibu yang rajin mengkonsumsi banyak buah apel selama masa hamil memiliki resiko terserang asma yang lebih rendah.

Buah Apel Dapat Mencegah  Kanker Paru Paru

Menurut penelitian dari 10.000 orang, mereka yang makan banyak apel memiliki risiko 50 persen lebih rendah terkena kanker paru-paru. Para peneliti percaya hal ini disebabkan tingkat tinggi dari flavonoid quercetin dan naringin dalam apel.

Buah Apel Dapat Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian di Brazil menemukan bahwa wanita yang makan tiga apel atau pir per hari kehilangan berat badan lebihbanyak dari pada  wanita yang tidak makan buah saat berdiet.
Itulah Beberapa manfaat apel untuk kesehatan kita. Anda menginginkan manfaat manfaat tersebut? Tak ada salahnya jika anda memulai mengkonsumsi buah apel sekarang juga. 

Khasiat Buah Anggur



Buah anggur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung antioksidan dan serat yang tinggi sehingga dapat menjadi sumber energi yang menyegarkan dan berkhasiat mencegah penuaan dini. Selain itu, buah ini mengandung vitamin C, A, B (thiamin), E, dan K (kalium). Vitamin C, selain dapat menyehatkan gusi dan mulut (anti sariawan), juga mengandung aktioksidan yang dapat menjaga imunitas tubuh. Selain dagingnya, biji buah anggur sebenarnya tidak kalah berkhasiat karena mengandung pycnogenol, penguat kolagen untuk kelenturan pembuluh darah. Sedangkan kulitnya kaya akan zat flavonoid yang berfungsi antioksidan. Manfaat lain dari mengkonsumsi buah anggur adalah untuk mencegah kanker colon atau kanker usus besar karena kandungan antioksidan dan serat yang tinggi.
Banyaknya khasiat dari buah anggur telah dipandang sebagai peluang bisnis oleh berbagai produsen minuman dalam kemasan sehingga kini kita bisa mengkonsumsi sari buah anggur kapan pun yang kita mau.

Apokat


Apokat (KBBI: Avokad), alpukat, atau Persea americana ialah tumbuhan penghasil buahmeja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.
Pohon, dengan batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter.
Buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah apokat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.
Apokat memiliki banyak manfaat. Bijinya digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bakar. Kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit. Daging buahnya dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produkkosmetik dan kecantikan. Selain itu, daging buah alpukat untuk mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Daun alpukat digunakan untuk mengobati kencing batu,darah tinggisakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak danmenstruasi yang tidak teratur. Bijinya dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dankencing manis.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar