Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Kamis, 10 Mei 2012

sifat keseharian seseorang.....




RASA CEMAS


Tahu pada empat tingkatan rasa cemas/gangguan perasaan (anxiety) pada manusia


1. Rasa cemas ringan
2. Rasa cemas sedang
3. Rasa cemas berat
4. Panik

Rasa cemas (anxiety) merupakan reaksi emosional terhadap penilaian individu yang subyektif.
Lihat pula pada halaman lain: nan Empat rasa gelisah.





Penyebab rasa cemas

dapat dikelompokkan pula menjadi tiga faktor, yaitu :a. Faktor biologis/fisiologis, berupa ancaman akan kekurangan makanan, minuman, perlindungan dan keamanan.
b. Faktor psikososial, yaitu ancaman terhadap konsep diri, kehilangan orang/benda yang dicintai, perubahan status sosial/ekonomi.
c. Faktor perkembangan, yaitu ancaman pada perkembangan masa bayi, anak, remaja.





Gejala-gejala kecemasan

ditandai pada tiga aspek :a. Aspek biologis/fisiologis, seperti peningkatan denyut nadi dan tekanan darah, tarikan nafas menjadi pendek dan cepat, berkeringat dingin, termasuk di telapak tangan, nafsu makan hilang, mual/muntah, sering buang air kecil, nyeri kepala, tak bisa tidur, mengeluh, pembesaran pupil dan gangguan pencernaan.
b. Aspek intelektual/kognitif; seperti ketidakmampuan berkonsentrasi, penurunan perhatian dan keinginan, tidak bereaksi terhadap rangsangan lingkungan, penurunan produktivitas, pelupa, orientasi lebih ke masa lampau daripada masa kini/masa depan.
c. Aspek emosional dan perilaku; seperti penarikan diri, depresi, mudah tersinggung, mudah menangis, mudah marah dan apatisme.





Pembagian rasa cemas
1. Rasa cemas ringan: berhubungan dengan permasalahan yang dihadapi sehari-hari.
Keadaan ini akan meningkatkan persepsi individu, yang mengakibatkan orang akan berhati-hati/waspada dan mendorong manusia untuk belajar serta kreatif.
2. Rasa cemas sedang: lapangan persepsi terhadap lingkungan menurun.
Individu lebih memfokuskan hal yang penting saat itu saja dan mengesampingkan hal lainnya.
3. Rasa cemas berat: lapangan persepsi sangat menurun.
Orang hanya memikirkan hal yang kecil saja dan mengabaikan hal lainnya.
Individu tak mampu berpikir lagi, dia sudah harus diberi pertolongan/tuntunan.
4. Panik: lapangan persepsi sudah sangat sempit.
Individu tidak dapat mengendalikan diri lagi.
Bila manusia salah orientasi; ketika menghadapi masalah pelik; rasa dan periksa tidak berfungsi;
Disebut orang sedang panik.


RASA TAKUT



siklus rasa takut






Itulah siklus ketakutan gan..
Biasanya pas kita mau mulai sesuatu atau disuruh sesuatu, kita dah takut duluan dan bilang g bisa.Dan tidak pernah mau Mencoba. Nah dari situlah kita tidak pernah melakukan sesuatu yang baru,yang kita anggap g bisa.



Setelah kita tidak melakukan sesuatu,maka kita tidak akan mendapatkan pengalaman dari sesuatu tersebut.Padahal kita sering bilang,kalo pengalaman itu guru terbaik.


Dan ketika kita tidak mempunyai pengalaman,maka kita tidak akan punya kemampuan,Dan saat kita tidak punya kemampuan, MAKA KITA AKAN MERASA TAKUT,Dan terus seperti itu.


DAN SEKARANG,SAATNYA KITA KELUAR DARI SIKLUS ITU GAN!!!! MARI BERGERAK!!!!
ACTION,ACTION,& ACTION!!
JANGAN TAKUT SALAH,DAN MARI BELAJAR DARI KESALAHAN




mbali k


Pengen ngusir rasa bosan? Pengen happy tiap hari? Nggak mustahil kok!


Bosan itu lumrah terjadi, tapi bukan berarti bisa dibiarkan berlama-lama. Usir dong! Supaya bisa lebih happy, dan bikin orang lain juga ikut happy. Gimana caranya? Nih!
1.Gue baik-baik aja tuh!
Kemaren kita patah hati gara-gara pacar ditikung temen. Kemaren kita bete abis gara-gara dihukum guru killer di depan kelas seharian. Kemaren jantung hampir copot gara-gara pas nyupir nyaris tabrakan sama bajaj. Ah, udah lah, nggak usah diinget-inget lagi kejadian nggak enak itu. Syukuri aja karena hari ini kita masih baik-baik aja! Dan terus janji sama diri sendiri kalo kita bakal jaga diri biar nggak ngalamin sial lagi.
2. Ubah rutinitas.
Kegiatan sehari-hari: ke sekolah, nongkrong bentar di depan gerbang pas bel pulang, trus pulang ke rumah, tidur, mandi, makan, nonton TV, ngerjain PR, trus tidur lagi! Wuuaaah, tiap hari kayak gini gimana nggak boring?! Ayo dong, cari kegiatan yang beda biar lebih bervariasi. Contoh nih, nginep di rumah temen saat hari biasa (Sama ortu bilang aja mau belajar bareng! Hehehe....). Nah, banyak kan yang bisa dikerjain bareng tuh temen. Dari ngobrol semalem suntuk, sampe main game sampe subuh! Hehehe....
3. Jauhi sifat sirikan.
Sifat sirik alias iri cuma bikin masalah doang. Bikin makan hati dan bikin slek sama orang yang disirikin. Kalo hati dongkol, pikiran suntuk, gimana bisa seneng?
4. Belajar bilang 'nggak'.
Temen minta dibikinin PR, pacar maksa dianterin jalan-jalan ke mall, nyokap bawel neleponin ngingetin jangan lupa makan.... Hey man, kita tuh bukan anak kecil lagi! Dan kita nggak harus ngelakuin apa yang disuruh sama orang lain, kalo kita emang nggak mau. Bilang aja, “Nggaaak...!”
5. Cari kenalan baru banyak-banyak.
Nggak perlu harus cewek cakep, nggak perlu harus anak-anak gaul. Kenalan sama tukang parkir di mal atau mbak-mbak penjual warung rokok juga bisa bikin hati senang lho. Percaya deh, ketika kita ngobrol sama mereka pasti ada aja pengalaman baru yang bakal kita dapet. Dan itu bakal bikin kita lebih semangat! Ketimbang tiap hari cuma ketemu dan ngobrol sama orang yang itu-itu juga? Perlakuan mereka ke kita pasti sama aja kayak hari-hari kemarin! Nggak ada something new....
6. Coba sesuatu yang tadinya nggak disukai.
Kalo selama ini paling jijik ngeliat cowok yang dandanannya rapi jali, coba sekali-sekali ikuti dandanan mereka. Kalo selama ini paling anti nongkrong di toko buku, coba sekali-sekali nongkrong di sana seharian. Atau kalo selama ini paling ogah makan pepes ikan buatan nyokap, coba sekali-sekali minta nyokap khusus buatin tuh pepes dan disantap sampe ludes! Kali-kali aja kali ini kita jadi suka sama sesuatu yang tadinya nggak disukai. Kalopun setelah dicoba tetap nggak suka, pengalaman unik pas maksain diri nyobain itu bisa bikin hati seneng.
7. Banyak-banyak bilang sayang.
Nggak usah malu atau gengsi bilang sayang ke orang-orang yang emang kita sayangi. Soalnya dengan blak-blakan mengutarakan isi hati kayak gini, mereka pasti bakal ngasih respon yang juga nyenengin deh.
8. Kasih kejutan buat diri sendiri.
Pasti ada dong sesuatu yang udah lama kita idam-idamkan? Bisa CD, VCD, games, atau malah liburan ke suatu tempat. Nah, daripada nunggu-nunggu dikasih orang lain tapi nggak dapet-dapet, kenapa nggak usaha sendiri aja ngasih itu ke diri sendiri. Lantaran udah lama pengen, begitu ngedapetinnya pasti puaaaasss.... Ya nggak?
9. Jalan-jalan sore di kompleks.
Ini mungkin udah lama banget nggak kita lakuin, nggak pernah ngiterin daerah tempat tinggal kita sore-sore lantaran waktu abis buat sekolah. So, mungkin udah banyak yang berubah. Rumah-rumah tetangga, fasilitas-fasilitas di perumahan, juga tetangga-tetangga kita! Mungkin kita bakal kaget-kaget. Tapi, dalam kaget itu sedikit pasti nyelip perasaan excited!
10. Create something.
Yang pasti sesuatu yang emang udah lama kita senangi. Suka ngebengkel? Utak-atik deh tuh mobil or motor biar tampilannya jadi beda. Suka ngeband? Kenapa nggak coba-coba bikin lagu. Atau suka gambar? Ya gambar dong, susah amat! Hehehe.... Asal tau aja nih, ketika kita berhasil meng-create sesuatu, apapun itu, ujung-ujungnya pasti girang abis!
11. Tebar senyum.
Senyum tanda hati bahagia. Berarti makin banyak sneyum hati makin bahagia. Jadi, senyum aja terus! Hehehe....
12. Nelepon, SMS-an, atau nulis e-mail ke sobat lama!
Lama nggak ngobrol, lama nggak ketemu, pasti kangen berat! Dengan menghubungi mereka lagi, pasti obrolan bakal seru abis. Tau gimana kabar dia sekarang, atau sekedar mengingat kenangan-kenangan lama pasti nyenengin kan?

 RASA GROGI

 grogi adalah rasa dari dalam diri kita yang timbul yang disebabkan karena beberapa hal, contohnya kita tidak percaya diri akan kemampuan kita, persiapan akan sesuatu kurang, dan masih banyak lagi.
tips-tips dibawah ini semoga bermanfaat bagi kalian semua, bagaimana kita mensiasati diri kita supaya PD (percaya diri di depan umum). Cara menghilangkan rasa grogi:

CARA MENGHILANGKAN RASA GROGI

CARA MENGHILANGKAN RASA GROGI

1. Siapkan mental dan fisik, Mental harus siap dalam arti kita harus mengerti dengan siapa kita berhadapan dan dengan siapa kita berbicara. Fisik kita tidak boleh lemah, karena dengan fisik yang terkendali akan membantu pernafasan kita dan ketangguhan dalam berfikir dan bersikap.
2. Minum air putih yang cukup sebelum berpidato, karena air putih manetralkan keadaan tubuh kita.
3. Pegang sesuatu di tangan waktu berpidato, pensil, kertas dan lain-lain. supaya mencegah gemetar pada tangan kita.
4. Tatapannya harus padat (tidak kosong) tujukan tatapan pada satu titik, boleh berubah-ubah asal vokus.
5. Yakin anda mampu, pikirkan bahwa yang anda hadapi itu orang yang biasa-biasa saja (waaupun presiden dan lain-lain tetapi masih menghargainya).
6. Berdoa agar diberi kesuksesan.
Itulah beberapa cara menghilangkan rasa grog


RASA MARAH

 

       Rasa marah adalah manusiawi. Itu adalah rasa yang menjadi bagian dari kehidupan. Akan tetapi, ketika Anda mengalami depresi, rasa marah yang dalam hanya akan memperburuk situasi. Menangani depresi dapat mengurangi rasa marah. Simak trik berikut sehingga Anda tak lagi kalah oleh amarah.

Olahraga
Aerobik, berjalan santai, atau joging bisa menjadi cara ampuh untuk mengendalikan rasa marah. Anda merasakan sensasi psikologi serupa ketika marah seperti berkeringat, bernapas dengan dalam, adrenalin terpompa.
Dengan berolahraga, Anda seperti punya alasan untuk merasakan sensasi serupa, yaitu karena Anda sedang olahraga. Aktivitas serupa juga membantu melepaskan endorfin, hormon di otak yang membantu kita lebih rileks dan mampu mengendalikan emosi.

Belajar ikhlas
Melakukan sesuatu dengan ikhlas untuk orang lain sepertinya berlawanan dengan rasa marah dan agresif. Memang tak mudah untuk marah dan ikhlas dalam waktu bersamaan. Namun, tak ada salahnya dicoba karena berusaha ikhlas adalah hal yang baik dilakukan terhadap orang yang membuat kita marah.
Rasa ikhlas juga membantu meredakan rasa marah orang lain. Dari hasil penelitian diketahui ungkapan mendukung pada orang yang marah dengan cara berbicara dengannya jsutru lebih efektif untuk meredam situasi.
Jangan kirim email saat marah
Jika marah, jangan pernah kirim email. Jika benar-benar harus mengatakan sesuatu, cobalah tulis dan simpan dulu dalam boks draft selama 24 jam sebelum mengirimnya.
Ini akan membantu Anda memberi waktu untuk berpikir lebih rasional. Jangan ragu juga untuk mengatakan pada orang yang membuat Anda marah bahwa Anda butuh waktu satu atau dua hari untuk memikirkan masalah itu

MENGELOLA MARAH

Siapapun di antara kita pernah marah. Bisa jadi ada seseorang yang bereaksi begitu berlebihan ketika emosinya tersinggung dan lalu marah besar. Yang lainnya mungkin mengekspresikan marahnya dengan mengumpat-umpat tak berhenti. Dalam prosesnya ada orang marah yang mudah segera mengendalikan dirinya. Namun ada juga yang sukar. Lalu  apakah marah perlu dikelola? Seperti halnya pada stres? Bukankan perilaku marah  itu buruk? Apa untungnya?

Marah dapat dikatakan sebagai reaksi kuat atas sesuatu yang tidak menyenangkan dan mengganggu pada seseorang. Ragamnya mulai dari kejengkelan yang ringan sampai angkara murka dan mengamuk. Ketika itu terjadi maka detak debar jantung semakin cepat, tekanan darah dan aliran adrenalin juga meningkat. Kalau sudah begini bisa-bisa perubahan psikologis akan menyebabkan timbulnya reaksi agresiv dan perlakuan kasar dari sang pemarah. Akibat bagi dirinya akan berbentuk emosi dan enerji sosial yang semakin rusak. Lebih jauh interaksi sosial positif bakal terganggu. Akan timbul fenomena amarah yang berantai ke orang lain. Itulah sebabnya mengapa marah sebaiknya dikelola menjadi hal yang konstruktif. Tahap awal adalah memahami mengapa amarah bisa terjadi pada seseorang.

Walau bersifat alami dan normal namun marah tidak timbul dengan sendirinya. Ia merupakan respon dari seseorang ketika mendapat ancaman, hal yang membahayakan, kekerasan verbal, perlakukan tidak adil, kebohongan dan manipulasi oleh orang lain. Dengan kata lain marah timbul karena batas-batas emosi yang kita miliki telah terganggu atau terancam. Secara internal, marah bisa terjadi ketika menghadapi masalah-masalah pribadi, mengingat peristiwa yang sangat mengganggu pikiran, kekecewaan pada situasi lingkungan, kurang percaya diri, dsb. Sementara secara eksternal, marah bisa timbul karena menghadapi kepadatan lalulintas, mendapat ancaman, hak-hak pribadinya diperlakukan tidak adil,dsb. Apakah  dengan demikian amarah selalu dipandang sebagai emosi yang negatif?

Marah sebenarnya dapat berguna. Karena itu marah konon jangan dipendam sebab akan merusak emosi. Jadi lepas saja asalkan dilakukan dengan wajar dan segera bisa dikendalikan. Di sisi lain marah bisa memotivasi seseorang untuk memecahkan masalah tertentu yang sebelumnya tersembunyi. Mengapa? Karena setelah itu yang bersangkutan segera melakukan evaluasi diri. Marah disini memberi sinyal mana  yang dirasakan sebagai sesuatu yang benar dan mana yang salah. Konflik-konflik secara bertahap bisa diatasi dengan emosi yang tenang.

Apa saja cara mengelola marah secara konstruktif? Yang pertama adalah  menghadapi setiap gangguan yang dapat menimbulkan marah dengan tenang. Ketika itu terjadi segera berupaya meminimumkan kontak dengan orang yang memicu marah. Kalau perlu minta penjelasan dengan baik-baik. Dan tentunya kita sendiri harus siap menanggapinya. Selain itu sebagai pimpinan, kita boleh-boleh saja berucap kepada para subordinasi untuk mengungkapkan kekecewaan dan bahkan marah kalau mereka tidak bekerja dengan baik. Tentunya setelah berulang kali diingatkan. Sebaliknya kalau tiba-tiba marah dan sadar itu karena kesalahan sang bos,ya dia harus memiliki jiwa ksatria untuk minta maaf pada sub-ordinasi.

Hal lain yang sangat penting dalam mengelola marah adalah menempatkan penyebab amarah secara proporsional. Misalnya tidak usah timbul marah kalau ada orang lain yang berbeda pendapat dengan kita. Hadapilah perbedaan itu dengan penguatan alasan-alasan kita yang lebih masuk akal dan dapat diterima oleh lawan. Kalau perlu kita berempati dengan orang tersebut. Bukankah perbedaan itu rahmah dan berkah? Sebaliknya kalau ada ancaman serius (lunak atau keras) yang mengancam pribadi tidak ada salahnya marah. Namun yang terkendali, tanpa harus dengan mengancam balik. Kontra produktif jadinya. Kemudian secara fisik mengelola marah dapat dilakukan dengan menghindari obyek marah. Dianjurkan menarik nafas panjang sambil berdoa, melakukan perenungan diri dan meditasi. Silakan terus berolahraga ringan untuk mengurangi tensi yang sedang tinggi. Dan juga mendengarkan musik kesukaan pribadi. Jadi intinya marah jangan dipelihara. Tetapi celakanya, ada yang menjadikan marah sebagai karakter pribadi yang permanen. Atau keranjingan berbuat marah. Kalau ada yang  seperti itu maka orang itu pantas diberi gelar MBA (Management by Anger).

Mengendalikan Rasa Marah


 “Kasihan ……..” itulah perasaan kita ketika merenungkan nasib Lilis, wanita setengah baya yang ditinggal mati suaminya. Lilis merasakan kepedihan dan kesepian karena kematian suaminya, ia kecewa dan sangat marah kepada teman-temannya dan menuduh bahwa mereka telah meninggalkannya saat ia butuh mereka bahkan Lilis beranggapan bahwa teman-temannya memiliki andil atas kematian suaminya.

Pernahkan Anda merasa kecewa dan marah kepada teman-teman karena merasa ditinggalkan ?

Banyak hal yang dapat membuat kita marah dalam menjalani rutinitas kehidupan terlebih pada kondisi saat ini dimana sifat individualistis begitu menonjol, lebih mengutamakan kepentingan diri sendiri dan tidak peka terhadap perasaan dan kepentingan orang lain. Sebenarnya rasa marah adalah hal yang biasa, yang terpenting bukan bagaimana menghindari rasa marah melainkan bagaimana kita mengendalikannya. Marah yang terpendam dapat menimbulkan dendam sehingga mengganggu bahkan meracuni pikiran dan hati kita bahkan terkadang mengakibatkan sulit tidur dan pada gilirannya akan mempengaruhi kesehatan baik secara pisik maupun psikologis. Kita perlu mengendalikan rasa marah dan belajar untuk melupakan dan memaafkan kesalahan orang lain kepada kita.

Ketika menghadapi situasi yang menyebabkan kita merasa marah, ada baiknya untuk tahu caranya mengungkapkan kemarahan kita tanpa dengan ucapan bernada menyerang. Ada perbedaan yang mendasar bila kita marah dengan mengucapkan :
“Dasar Goblok” ! atau “Otak Udang” !
dan memberitahukan bahwa kita marah dengan mengucapkan :
“saya kecewa dengan hasil kerja anda” ataupun “saya menyesal telah mempercayai Anda”.

Bisanya kata-kata yang bernada kasar dan menyerang cenderung akan menimbulkan perlawanan, sedangkan jika sekedar menyampaikan perasaan marah, biasanya lebih dapat diterima.

Hampir semua orang pernah mengalami marah tetapi yang terpenting bukan menghindari rasa marah itu sendiri tetapi sewaktu marah kita harus mempunyai alasan yang benar, bukan semata-mata karena merasa harga diri terusik atau karena kelemahan manusiawi lainnya. Sehingga kita bisa mengendalikan rasa marah dan mengungkapkannya secara baik dan benar

Bagaimana cara mengendalikan dan mengatasi rasa marah? Pada umumnya pria cenderung lebih cepat marah dan agresif dibandingkan wanita. Sifat ini disebabkan oleh pengaruh hormon testoteron terhadap proses perkembangan otak bayi lelaki sejak masih dalam kandungan.
Penyebab lainnya yaitu faktor sosio-kultural. Beberapa kalangan masih menganggap kemarahan sebagai suatu hal yang negatif. Seseorang boleh saja mengekspresikan perasaan tegang dan tertekannya, kecuali marah. Akibatnya banyak yang tidak tahu bagaimana cara untuk mengungkapkan rasa marah secara tepat.
Cara ini tidak mudah dilakukan, yaitu mengekpresikan rasa marah secara terbuka tanpa melakukan tindakan agresif (menyerang). Perlu belajar memahami apa yang sebenarnya anda inginkan tanpa menyakiti orang lain.
Penelitian lainnya juga menemukan bahwa faktor keluarga turut memegang peranan. Orang menjadi mudah marah, biasanya berasal dari keluarga korban perceraian, sering bertikai, membentak dan tidak cukup memiliki komunikasi emosional.
Apakah anda pemarah?
Rasa marah berperan penting karena merupakan komponen yang mematikan dari sindroma kepribadian tipe A. Kepribadian tipe A memiliki ciri yang sangat berbeda dengan tipe kepribadian B. Berikut adalah ciri-ciri kepribadian tipe A:

  1. Memiliki sifat selalu tergesa-gesa dalam menjalankan sesuatu
  2. Berbicara dengan cepat dan seringkali memotong pembicaraan orang lain
  3. Memiliki rasa bersaing tinggi bahkan dalam situasi non kompetitif
  4. Cenderung ingin berprestasi dan selalu bersikap waspada
  5. Mengambil sikap bermusuhan dan agresif
Jika ternyata kepribadian diatas cocok dengan anda, mulai saat ini anda sebaiknya untuk mengendalikan rasa marah anda. Berikut adalah tips untuk mengendalikan rasa marah:
Tetap berkepala dingin
Cara terbaik untuk mengatasi rasa marah adalah dengan mengetahui hal-hal yang memicunya dan mencegah agar faktor pemicu tersebut tidak sampai membuat seseorang kehilangan kontrol.
Bersikap rileks
Cara ini terlihat biasa, tetapi memiliki efek yang penting. Pada saat anda merasa ingin meledak, cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam sebanyak dua atau tiga kali kemudian keluarkan secara perlahan-lahan. Ketika anda sedang menarik nafas dalam-dalam,ucapkan kata-kata “rileks” atau “tenang” secara perlahan.
Ubah cara berpikir
Dari pada anda memaki-maki dalam hati, “Huh, semuanya jadi kacau begini!” Cobalah untuk menggantinya dengan kalimat, “Kekacauan ini bukan akhir dari segalanya, kan? Percuma saja saya marah-marah, toh tidak akan menyelesaikan masalah.”
Komunikasi
Seorang yang biasanya marah, akan cepat sekali mengambil kesimpulan dan seringkali keliru. Jadi, langkah pertama yang perlu dilakukan dalam suasana memanas, cobalah tenangkan diri anda dan berpikir jernih. Pada saat yang bersamaan cobalah untuk mendengarkan apa yang dikatakan oleh lawan bicara anda dan pikirkan baik-baik sebelum menjawabnya.
Bercanda dan bercerita lucu
Mungkin anda kadang-kadang merasa jenuh atau kesepian selagi di tempat kerja. Bila hal ini terjadi, cobalah untuk bercanda dengan teman sebelah anda atau di depan anda. Becanda dan saling bertukar cerita lucu mampu meredakan ketegangan. Jika tidak memungkinkan, silahkan baca atau lihat gambar-gambar lucu dari buku maupun internet.

Adaptasi emosi


 “Aku tidak bisa hidup tanpa dia! Aku tidak berguna!”
“Jangan begitu, masih banyak yang bisa kamu lakukan dalam hidup”
“Tapi cuma dia yang bisa membuatku bahagia”
“Masih ada pria-pria lain yang pasti lebih baik darinya”
“Aku tidak peduli! Pokoknya hidupku sekarang sudah tak berarti lagi!”


Percakapan singkat di atas adalah penggalan adegan dari sebuah sinetron di televisi. Kisah klise tentang seorang wanita yang ditinggal pergi pasangan yang sangat dicintainya. Banyak alasan kenapa sang pria pergi. Bisa jadi karena bekerja di lain kota, selingkuh dengan wanita lain, atau bahkan meninggal dunia karena tertular penyakit langka. Yang jelas, sepeninggal pria ini, sang wanita merasa kehilangan jati diri. Ia terlarut dalam emosi kesedihan yang mendalam hingga ia pun merasa hidupnya telah berakhir.
Pernahkah Anda mengalami hal yang serupa? Mungkin bukan kasus putus cinta, namun kasus-kasus lain dimana Anda sulit menanggulangi emosi Anda sendiri. Salah satu kasus sederhana yang sering terjadi adalah ketika berkendara di jalan raya. Seberapa sering Anda merasa ”tersinggung” ketika ada kendaraan lain yang menyerobot jalur Anda, hingga kemudian Anda tancap gas untuk kembali menyusul kendaraan tersebut? Atau pernahkah Anda memaki-maki supir kendaraan umum yang seenaknya menghentikan kendaraan di tengah jalan untuk menaikkan penumpang? Atau kejadian emosional lain di situasi yang berbeda, misalnya di kantor. Di tengah kekalutan mendekati deadline kerja, biasanya apa yang Anda lakukan? Tak henti-henti mengumpat karena atasan Anda justru menambah beban kerja? Memarahi staf Anda karena sepertinya mereka malah kerja berlambat-lambat? Ataukah justru Anda bolos kerja karena tidak kuat lagi menghadapi tekanan di kantor? Tanpa disadari, ternyata emosi banyak sekali mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita sama-sama telusuri dulu apa yang dimaksud dengan emosi.
Emosi merupakan suatu reaksi mental dan psikologis yang muncul secara spontan ketika seseorang berhadapan dengan suatu kondisi. Misalnya, ketika seseorang menjalani hari pertamanya berkerja sebagai sekretaris, maka wajar jika ia merasa senang karena mendapat pekerjaan, sekaligus merasa takut melakukan kesalahan mengetik. Lebih lanjut, terdapat empat jenis emosi dasar yaitu:
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Takut
Keempat emosi ini kemudian berkembang menjadi berbagai emosi seperti cemas, malu, jijik, dan sebagainya. Emosi sendiri sebenarnya tidak memiliki muatan “benar” atau ”salah” karena ini merupakan reaksi manusiawi dalam menghadapi sesuatu. Perilaku yang mengikuti emosilah yang bisa dinilai “benar” atau “ salah”. Dalam  kasus sekretaris baru tadi, jika ia tidak mampu mengatasi emosi takut yang ia rasakan dan kemudian mengetik dengan terlalu hati-hati sehingga memakan waktu yang sangat lama untuk membuat satu surat saja, maka perilaku inilah yang dapat dinilai “salah”.
Perlu diperhatikan bahwa tidak hanya emosi negatif seperti takut, marah, atau sedih saja yang bisa membuat kita menunjukkan perilaku yang “salah”. Emosi positif seperti bahagia juga bisa merugikan jika kita tidak paham bagaimana cara mengaturnya menjadi perilaku yang sesuai. 2Salah satu contoh adalah kasus siswa-siswa yang lulus ujian akhir nasional. Mereka menunjukkan luapan kegembiraannya dengan melakukan konvoi di jalan, membuat coret-coretan di dinding, atau bernyanyi-nyanyi dengan suara keras yang mengganggu orang lain. Tentunya kegembiraan mereka tidak salah karena mungkin mereka memang telah berusaha maksimal untuk lulus, namun cara mereka menunjukkan kegembiraan itulah yang tidak wajar dan dinilai salah menurut umum.
Wah, kalau emosi positif saja bisa merugikan, berarti kita benar-benar harus pandai mengendalikan perilaku yang menyertai emosi tertentu. Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan perilaku emosional kita? Langkah pertama adalah memiliki self-awareness.
Self Awareness
Untuk dapat mengendalikan perilaku emosional, kita perlu mengenali dulu emosi apa yang kita rasakan pada suatu waktu. Self Awareness (kesadaran diri) adalah perhatian yang berlangsung ketika seseorang mencoba memahami keadaan internal dirinya. Prosesnya berupa semacam refleksi dimana seseorang secara sadar memikirkan hal-hal yang ia alami berikut emosi-emosi mengenai pengalaman tersebut. Dengan kata lain, Self Awareness adalah keadaan ketika kita membuat diri sendiri sadar tentang emosi yang sedang kita alami dan juga pikiran-pikiran kita mengenai emosi tersebut.
Seorang pakar psikologi yang banyak menekuni permasalahan emosi, John D. Mayer, mengatakan bahwa umumnya ada 3 gaya yang tampil ketika seseorang menghadapi emosinya, yaitu:
  1. Terbebani (Engulfed)
    3Tipe ini tenggelam dalam emosi-emosinya dan tidak mampu keluar dari situasi ini. Mereka tidak memahami emosinya sendiri sehingga bisa mudah larut terbawa emosi. Akibatnya, mereka tidak banyak berusaha untuk keluar dari kondisi emosi tertentu dan akhirnya tidak mampu mengontrol perilaku emosionalnya. Contohnya adalah kasus putus cinta yang jadi pembuka artikel ini, atau kasus orang yang memaki-maki pengendara lain karena lalu lintas yang macet. Mereka tidak meluangkan waktu lebih banyak untuk menyadari emosi sedih atau marah yang sedang mereka rasakan. Begitu merasakan emosi tertentu, tanpa pikir panjang mereka langsung bereaksi sesuai dorongan emosi tersebut.
  2. Menerima (Accepting)
    4Orang-orang ini sebenarnya menyadari emosi apa yang mereka rasakan namun cenderung menerima begitu saja emosi yang sedang terjadi dan tidak mencoba memahami emosi tersebut lebih jauh. Pada akhirnya mereka tidak berusaha untuk beradaptasi dengan emosi yang muncul. Hal ini bisa menjadi masalah ketika emosi yang dialami adalah sedih, lalu dibiarkan berkepanjangan sehingga bisa menimbulkan perasaan tertekan (depresi). Hal lain terjadi ketika emosi yang dirasakan adalah marah atau takut. Mungkin saja dalam jangka panjang, emosi marah yang dibiarkan ini bisa berubah jadi perasaan dendam, sedangkan emosi takut bisa menjadi paranoid (rasa takut berlebihan yang tidak jelas alasannya).
  3. Sadar diri (Self-aware)
    5Orang-orang dengan gaya ini menyadari dan memahami emosi yang terjadi pada dirinya. Mereka mengetahui batas-batas norma yang perlu dijaga dan berpikir untuk mengelola emosi yang dirasakan agar perilakunya masih berada dalam ambang batas tersebut. Pada waktu merasakan emosi positif, orang-orang yang sadar diri mampu menunjukkan kegembiraannya dengan sesuai dan bisa mempertahankan perasaan menyenangkan dari emosi itu untuk beberapa lama. Di lain pihak, ketika mengalami emosi negatif, mereka tidak terlalu terobsesi dengan hal yang memicu emosi tersebut dan bisa segera keluar dari perasaan tidak nyaman. Contohnya ketika orang yang sadar diri mengalami putus cinta. Kemungkinan besar ia akan memahami bahwa emosi sedihnya itu wajar ia rasakan, namun tidak akan berlarut-larut dalam kesedihan. Ia akan mencari kegiatan lain yang lebih produktif untuk mengatasi perasaan sedih yang mendalam tersebut.
6Dari uraian di atas jelaslah bahwa ketika sadar diri kita jadi lebih mudah mengontrol emosi yang dirasakan sehingga bisa lebih efektif mengendalikan perilaku emosional kita. Kita bisa lebih memahami emosi kita berikut alasan-alasan yang menjelaskan kenapa kita merasakan emosi tersebut. Dan dengan menyadari alasan munculnya suatu emosi, berarti kita telah mendorong otak kita berpikir tentang tingkat kepentingan sumber masalah.
Begini contohnya. Misalnya seorang karyawan terjebak di kemacetan. Orang yang sadar diri akan menyadari bahwa ia merasakan emosi marah karena dirinya lelah sepulang dari hari yang padat di kantor. Ia ingin cepat tiba di rumah karena anak dan istri telah menunggu. Ketika ada kendaraan lain yang menyerobot jalurnya, sebenarnya si karyawan sudah siap untuk murka, melampiaskan amarahnya pada pengemudi kendaraan yang tidak sopan itu. Tapi karena ia sadar diri, ia berpikir lagi alasan kenapa dirinya ingin cepat-cepat pulang. Pada akhirnya ia bisa menyadari bahwa jauh lebih penting untuk bisa tiba di rumah dengan selamat daripada menyulut perkelahian di jalan raya. Nah, pilihan yang tepat bukan?
Dengan keuntungan-keuntungan menjadi orang yang sadar diri, tentu kita ingin menjadi orang yang demikian. Sekarang pertanyaannya, bagaimanakah caranya?
Membangun Self Awareness
Kesadaran diri dapat dibangun dengan mengaktifkan bagian otak yang disebut neokorteks. Ini adalah bagian otak yang terkait dengan penggunaan bahasa. Artinya, untuk meningkatkan kesadaran diri, Anda perlu “membahasakan”, mengidentifikasi, dan menamai emosi yang Anda rasakan. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:
  1. I Messages (Pesan “Saya.....”)
    7Menuliskan atau menyatakan perasaan dengan menggunakan pesan yang diawali dengan “Saya....”. Contohnya: “Saya merasa perilaku Anda sama sekali tidak menghargai kerja keras saya” atau “Saya kecewa dengan keputusan yang kamu buat”. I message menyadarkan Anda bahwa kendali dari permasalahan yang terjadi ada di tangan Anda. Anda yang merasakan sebuah emosi, Anda yang menyatakan, dan Anda yang memiliki kendali untuk mengubah keadaan.
  2. Berbagai Cara Berbagai Warna
    Menggunakan berbagai metode untuk melukiskan dan mendeskripsikan perasaan:
  • 9Warna, contoh: warna kuning untuk emosi senang, biru untuk sedih, merah untuk marah, dan lain lain. Anda bisa menggunakannya dalam berpakaian, tinta alat tulis, warna font di komputer, dan sebagainya.
  • Skala, contoh: “Saya cukup merasa bahagia, kira-kira 80 dari 100 lah”. Ini memberi gambaran yang cukup terukur kira-kira seberapa kuat intensitas emosi yang Anda alami. Jika Anda bisa mengatakan bahwa kesedihan Anda berskala 50:50, maka tidak ada alasan bagi Anda untuk berlarut-larut dalam kesedihan itu.
  • Analogi, contoh : “Kalau saya ini gunung, saya sudah mau meletus!”. Analogi ini juga bisa digunakan sebagai pengukur intensitas emosi Anda. Bagi orang Indonesia, analogi seperti ini biasanya lebih mudah dipahami karena budaya kita memang banyak mengajarkan simbolisasi dalam bahasa (contoh: bagai kacang lupa kulitnya).
  1. Menuliskan kebutuhan yang tidak terpenuhi
    9Hal ini ditujukan untuk menjelaskan kepada diri sendiri alasan dari emosi yang sedang Anda rasakan. Contoh: ketika Anda marah pada saat staf Anda tidak ikut memikul beban kerja yang sama, Anda bisa menuliskan “Saya ingin dia ikut lembur ketika saya lembur” beserta kebutuhan/keinginan lain yang Anda sadari. Semakin banyak kebutuhan/keinginan yang Anda tuliskan, maka Anda akan semakin menyadari keadaan emosi diri.
  2. Menuliskan yang ingin dilakukan
    Sebenarnya ini sudah memasuki tahap lanjutan dari Self Awareness. Setelah Anda menyadari emosi-emosi yang sedang dialami, langkah selanjutnya adalah menentukan hal apa yang ingin Anda lakukan selanjutnya terkait dengan emosi tersebut. Pada contoh Anda marah pada staf yang malas-malasan tadi,  Anda bisa menuliskan “Saya ingin memotong gajinya kalau pulang lebih cepat lagi” atau “Saya akan langsung menegurnya jika ia menolak penugasan”. Dengan menuliskan hal yang ingin dilakukan, Anda memberikan kesempatan bagi otak untuk kembali berpikir: apakah hal-hal tersebut sudah sesuai dan tidak menyalahi norma yang berlaku.
10Dengan membiasakan hal-hal di atas, Anda akan bisa merasa lebih nyaman menghayati emosi-emosi Anda tanpa harus larut dan lepas kendali. Nah, setelah Anda belajar banyak tentang emosi dan Self Awareness, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk merasa tidak berdaya ketika dilanda suatu emosi yang kuat. Baik itu emosi negatif, maupun emosi positif. Sekarang Anda sudah belajar untuk membuat diri Anda sendiri menyadari emosi-emosi tersebut. Tinggal separuh langkah selanjutnya dimana Anda merencanakan perilaku yang sesuai untuk mengekspresikan emosi tersebut kepada orang lain.

                   MUDAH TERSINGGUNG
                            
 
PRIBADI yang mudah tersinggung, pemarah, dan tak mau mengalah mungkin mengalami gangguan bipolar. Penderita gangguan itu berisiko merusak diri dan berakhir dengan kematian akibat bunuh diri. Lalu, bisakah gangguan itu dikendalikan?

Bukan dewasa saja, gangguan itu pun bisa terjadi pada anak-anak. Namun diagnosanya didapat saat ia beranjak dewasa.

Pasien bipolar biasanya tak dapat mengekspresikan perasaannya. Gangguan itu kronis ditandai dengan perubahan suasana hati yang ekstrem.

"Jika anak berperilaku tidak seperti anak-anak lain pada umumnya, terlihat mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem, mungkin bukan sekadar kenakalan biasa. Sebaiknya orangtua cepat tanggap dan membawanya ke psikiater," kata Prof Dr dr Tuti Wahmurti A. Sapiie, SpKJ (K),Perwakilan Majelis Kehormatan PDSKJI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kejiwaan Indonesia) dalam seminar media "Gangguan Bipolar: Dapatkah Dikendalikan" di Jakarta.

Tuti menegaskan keterlambatan diagnosis bisa berdampak pada meningkatnya risiko bunuh diri, terganggunya hubungan dan perilaku yang berbahaya. Sayangnya, penyebab gangguan itu belum diketahui secara pasti.

Para ahli berpendapat ada berbagai macam faktor penyebabnya yang mencakup faktor genetik, biologi otak, pengalaman hidup dan stres dari lingkungan. Faktor genetik sendiri menyumbang 79 persen kerentanan terhadap munculnya gangguan bipolar.

Tuti menambahkan kerentanan tersebut sifatnya potensial dan tidak selalu memicu gangguan bipolar. "Namun jika individunya kurang memiliki kemampuan dalam mengelola stres, adanya faktor genetik ini akan ikut meningkatkan risiko munculnya gangguan bipolar," ujarnya.

Penderita gangguan bipolar mengalami kekacauan dalam sirkuit neurotransmisi di otaknya. Beberapa zat kimia seperti neuroepinefrin, dopamin dan serotonin kurang terkonrol dengan baik. "Apabila terjadi tekanan stres, regulasi otak yang kacau ini akhirnya menyebabkan gangguan," imbuhnya.

Sejumlah kebiasaan buruk yang dilakukan anak juga berisiko mencederai perkembangan otak, antara lain karena terpapar oleh zat-zat yang sering disalahgunakan seperti alkohol dan obat-obat terlarang, menonton televisi secara berlebihan sehingga membuat anak-anak kurang menggunakan tubuhnya dengan baik dan tidak mempelajari ketrampilan sosial, menonton atau menyaksikan adegan kekerasan, sebab dapat menyebabkan hilangnya rasa sakit, kasih sayang dan cenderung menyakiti diri sendiri.

Untuk mengetahui kemungkinan gangguan bipolar, membutuhkan diagnosis yang detil dan cukup lama oleh dokter jiwa. Tampilan gejala yang bervariasi dan tumpang tindih dengan gejala gangguan jiwa lain sering kali menyebabkan misdiagnosis terhadap gangguan bipolar. "Sering kali terjadi gangguan penyerta pada penyakit ini. Untuk itu kejelian dokter dibutuhkan dalam memahami dan melakukan deteksi dini pada pasien," kata dr Handoko Daeng, SpKJ (K), Ketua Seksi Bipolar Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) dalam kesempatan yang sama.

Biasanya, dokter menggunakan kuesioner yang disebut Mood Disorder Questionaire untuk mengetahui adanya kemungkinan gangguan bipolar.
  seseorang mungkin memiliki gangguan bipolar apabila memenuhi 3 kriteria atau lebih seperti disebutkan di bawah ini:

1. Mengalami depresi berat
2. Gagal dalam perkawinan
3. Gagal merespon pengobatan anti depresan
4. Menjalani profesi yang berbeda-beda
5. Saudara kandung memiliki gangguan mood
6. Menyalahgunakan zat
7. Sulit mengontrol dorongan
8. Menjalin banyak hubungan percintaan
9. Memiliki beberapa jenis pekerjaan
10. Didiagnosis megalami gangguan histrionik, psikotik dan borderline
11. Suka warna merah.

Jadi tak ada salahnya mengenal lebih jauh atau bahkan memeriksakan anak Anda ke dokter terkait untuk meredakan gangguan bipolar.

Kepribadian dan Temperamen
- Kepribadian adalah sesuatu yang berubah dan berkembang membentuk suatu sikap dan tindakan tertentu. Perubahan ini sesuai dengan waktu ddan pengalaman yang di laluinya.
Menurut Dashiell mendefinisikan sebagaimana yang dikutip oleh Crow and Crow bahwa kepribadian adalah keseluruhan gambar tingkah laku yang terorganisir.
- Tipe keperbadian
Tipe keperbadian manusia ditinjau dari berbagai aspek antara lain:
1. Aspek biologis yang mempengaruhi tipe keperbadian seseorang ini didasarkan atas konstitusi tubuh dan bentuk tubuh yang dimiliki seseorang, tokoh-tokoh yang menggunakan teorinya berdasarkan aspek biologis, yaitu:
a. Hippocrates dan Galenus
Mereka berpendapat, bahwa yang mempengaruhi tipe keperbadian seseorang adalah jenis cairan tubuh yang paling dominant yaitu:
- Tipe Choleris
Ø Cairan empedu empedu kuning yang dominan da;am tunuhnya
Ø Sifatnya emosi, mudah marah dan tersinggung
- Tipe Melancholis
Ø Cairan empedu hitam yang dominan dalam tubuhnya.
Ø Sifat agak tertutup, mudah sedih, rendah diri dan sering putus asa
- Tipe Plagmatis
Ø Cairan lendir merah yang dominant.
Ø Sifatnya agak statis: Lamban, apatis, pasif, pemalas.
- Tipe Sanguinis
Ø Cairan darah yang dominant.
Ø Sifatnya agak aktif: cekatan, periang mudah bergaul.
b. Kretehmer
Kretehmer membagi tipe seseorang berdasarkan bentuk tubuh seseorang.
- Tipe Liptosume
Ø Tubuh tinggi, kurus, dada sempit dan lengan kecil.
- Tipe Pikinis
Ø Tubuh gemuk dan bulat
Ø Sifatnya periang, mudah bergaul dan suka humor.
- Tipe
Ø Tubuh kekar, tinggi, berotot (atlit)
Ø Sifatnya mudah menyesuaikan diri, berpendirian teguh dan pemberani.
- Tipe
Ø Bentuk tubuh campuran
Ø Sifatnya mudah terbawa oleh situasi lingkungan.
c. Sheldon
Sheldon membagi tipe kepribadian seseorang berdasarkan dominasi lapisan yang berada dalam tubuhnya.
- Tipe Ektomorph
Ø Tipe yang berbadan kurus tinggi
Ø Sifatnya suka menyendiri dan kurang bergaul dengan masyarakat.
- Tipe Mesomoraph
Ø Tipe orang yang berbadan sedang
Ø Sifatnya suka berkerja dan mampu mengatasi sifat agrisif.
- Tipe Endomorph
Ø Tipe orang yang berbadan gemuk, bulat dan anggota badan yang pendek.
Ø Sifatnya kurang cardas, senang makan dan suka kemudahan.
2. Aspek sosiologis
Pembagian ini didasarkan kepada pandangan hidup dan kualitas sosial seseorang. Yang mengemukakan teori ini adalah:
a. Edward Spranger
- Tipe Teotitis
Ø Orang yang perhatianya selalu diarahkan kepada masalah teori dan nilai-nilai ingin tahu, meneliti, dan mengemukakan pendapat.
- Tipe Ekonomis
Ø Orang yang memperhatikan kemanfaatan sesuatu berdasarkan faedah yang dapat mendatangkan untung rugi.
- Tipe Sosial
Ø Orang yang memperhatikan kepentingan kemasyarakatan dan pergaulan.
- Tipe Politis
Ø Orang yang perhatiannya tertuju kepada kepentingan kekuasaan, kepentingan dan organisasi.
- Tipe Religius
Ø Orang yang taat pada ajaran agama, senang dengan masalah-masalah ketuhanan.
b. Muray
- Tipe Teoritis
Ø Orang yang menyukai Ilmu Pengetahuan, berpikir logis dan rasional.
- Tipe Humanis
Ø Orang yang memiliki sifat kemanusian yang mendalam
- Tipe Sensasionis
Ø Orang yang suka sensasi dan berkenal
- Tipe Praktis
Ø Orang yang giat berkerja dan mengadakan praktek.
c. Fritz Kunkel
- Tipe
Ø Orang yang banyak menaruh perhatian terhadap masyarakat.
-Tipe
Ø Orang yang memperhatikan kepentingan sendiri.
- Temperamen
Temperamen adalah sifat-sifat seseorang yang disebabkan adanya campurn-campuran zat di dalam tubuhnya yang mempengarui tingkah laku seseorang.
Alexander Chess dan Stella Thomas (1977) membagi tiga tipe temperamen siswa:
1. Easy Child
Ø Mood positif, cepat membangun rutinitas, dan mudah beradaptasi dengan pengalaman baru.
2. Difficult Child
Ø Beriaksi negative, agresif dan kurang control, dan lamban dalam menerima pengalaman baru.
3. Slow to Warn up
Ø Lamban beradaptasi, dan intesitas mood rendah.
- Strategi untuk menghadapi temperamen siswa
1. Beri perhatian dan penghargan individualitas
2. Perhatikan struktur lingkungan siswa
3. Waspadai problem yang muncul apabila memberi “cap” sulit pada anak, dan menyusun program bagi anak sulit.
Gaya Bahasa
Suatu gaya dipilih seseorang untuk menerima imformasi dari lingkungan dan memproses imformasi tersebut.
- Menurut Haward Gardner modalitas belajar tersebut dapat di karekteristikkan menjadi gaya belajar:
a. Audiotory
Ø Mengandalkan pendengaran untuk memahami dan mengingat.
Karekteristik audiotory
Ø Mengingat baik materi yang didiskusikandalam kelompok.
Ø Mengenal banyak lagu atau Iklan di TV.
Ø Berbicara dengan pola berirama.
Ø Bukan pembaca yang baik.
Ø Kurang mengingat apa yang dibaca
Ø Kurang baik dalam mengarang atau menulis.
Ø Kurang memperhatikan hal-hal baru dalam lingkungan.
Ø Perhatian mudah terpecah.
b. Visual
Ø Menitikberatkan ketajaman penglihatan dalam belajar.
Ø Memperhatikan gerak, berfikir seseorang.
Ø Menggunakan gerakan tubuh saat mengungkapkan sesuatu.
Ø Kurang menyukai berbicara di depan umum dan mendengarkan orang lain.
Ø Biasanya tidak dapt mengingat imformasi secara lisan.
Ø Bersikap tenang di tengah situasi rebut atau ramai tanpa merasa terganggu.
c. Reading
Ø Menitik beratkan pada tulisan atau catatan dalam belajar.
Karekteristik reading
Ø Suka membaca dan membuat catatan.
Ø Hurf-huruf indah dan tulisan rapi merupakan hal yang sangat berkesan bagi mereka
Ø Mudah mengingat apa yang mereka baca dan tuliskan.
d. Kinestik
Ø Belajar dengan cara bergerak, berkerja dan menyentuh.
Ø Menyentuh orang, berdiri berdekatan, dan banyak bergerak.
Ø Belajar dengan melakaukan, menunjukkan tulisan saat membaca, menanggapi secara fisik.
Ø Mengingat sambil berjalan dan melihat.
Retardasi Mental
Retardasi merupakan istilah yang dipakai terhadap orang yang punya batasan tertentu dalam fungsi mental dan ketrampilan kominikasi, menjaga diri sendiri dan keterampilan sosial.
Menurut Tubek, Reterdasi mental suatu kondisi yang ditandai oleh tingkat intelegensi yang rendah yang menyebabkan ketidak mampuan individu untuk untuk belajar dan beradaptasi terhadap tuntutan masyarakat atas kemampuan normal.
Adapun macam-macam retardasi adalah:
Tipe Reterdasi mental
Rentang IQ
Persentase
Ringan
Moderat
Berat
Parah
55-70
40-54
25-39
< 25
89
6
4
1
Seperti yang dijelaskan pada kolom di atas, reterdasi mental dapat digolongkan menjadi, retardasi ringan, moderat, berat, dan parah. Sekitar 85% murid dengan reterdasi mental termasuk dalam kategori ringan.
Penyebab reterdai mental adalah:
v Faktor geenetik. Bentuk paling umum adalah “down syndrome” yang diturunkan secara genetic. Anak dengan down syndrome memiliki kromosom lebih (kromosom ke 47).
Fragile X syndrome, diwariskan melalui kromosom X yang tidak normal. Pada umumnya, pria lebih banyak masuk kategori berat dibanding wanita.
v Kerusakan otak. Disebabkan oleh bermacam-macam faktor lingkungan luar, seprti infeksi pada ibu hamil : Rubella (German Measles), spilis, herpes, dan AIDS. Meninggtis dan encephalitis adalah infeksi yang bisa menyebabkan pembengkakan pada otak dan menyebabkan retardasi mental.
Dapat disimpulakan bahwa istilah retardasi mental dugunakan bagi anak yang mengalami gangguan mental semenjak dari dalam kandungan ibunya. Apabila anak mengalami ganguan mentalsetelah proses kehamilan ibunya, gangguan tersebut tidak dikatakan retardasi mental. Anak yang mengalami retardasi mental dapat dilihat semenjak berusia sangat muda 2-3 tahun, tes IQ dapat dilakukan untuk mengetahui anak yang retardasi, selain dari bentuk fisikpun terkadang anak retardasi memiliki perbedaan dengan anak-anak yang normal dan perkembangan fisik, motorik yang lamban ketimbang anak yang normal pada usianya.
Anak retardasi mental (berat) harus diarahkan seumur hidupnya, bisa dikatakan anak retardasi mental (berat) harus memiliki guru bayangan yang selalu mengawasi dan mengarahkan dalam melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupannya.
Anak-Anak yang berbakat
(Gifted Children)
Anak berbakat adalah anak yang oleh para ahli diidentifikasikan sebagai anak yang mampu mencapai prestasi yang tinggi karena memiliki potensi unggul. Potensi tersebut salah satunya dibuktikan dengan kemampuan intelegensi yang tinggi, meliputi aspek kemampuan umum dan kreativitas anak .
Ciri-ciri anak berbakat ialah:
v Kemampuan intelegensi umum yang sangat tinggi. (IQ > 120)
v Bakat istimewa pada bidang tertentu, misalnya bidang Bahasa, Matematika, Seni dan lain-lain.
v Kreatifitas yang tinggi dalam berfikir, yaitu kemampuan untuk menemukan ide-ide baru.
v Kemampuan memimpin yang menonjol ( mampu mengarahkan dan mempengaruhi orang lain untuk bertindak sesuai dengan harapan kelompok.
v Prestasi dalam bidang seni (musik, drama, tari, lukis, dan lain-lain.
- pergaulan anak berbakat
Anak berbakat seringkali lebih suka bergaul anak-anak yang lebih tua dari segi usia, khususnya mereka yang memiliki keunggulan dalam bidang yang diminati, kerana anak ini lebih memilih bergaul dengan orang yang menguntungkan, dari segi bakatnya. Mereka menyukai permainan yang mengandung unsure tantangan, pemikiran dan kretivitas.
- Mendidik anak-anak berbakat.
Mengingat anak yang berbakat memiliki kemampuan dan minat yang berbeda dengan anak-anak sebayanya, maka agak sulit jika anak berbakat dimasukkan pada sekolah tradisional bercampur dengan anak-anak yang lainnya. Di kelas seperti itu akan terjadi dua kerugian, yaitu:
v Anak berbakat akan frustasi karena tidak mendapat pelajaran yang dibutuhkan.
v Guru dan teman-teman sekelasnya akan bisa terganggu oleh perilaku anak Berbakat.
Untuk mengatasi kerugian di atas, ada beberapa kemungkinan pelayanan anak berbakat.
v Menyelenggarakan program akselerasi khusus untuk anak-anak berbakat.
v Home Schooling ( pendidikan nonformal di luar sekolah)
v Menyelenggarakan kelas-kelas tridisional dengan pendekatan individual.
v Membangun kelas khusus untuk anak berbakat.
Perkembangan setiap anak berbeda. Ada yang cepat dalam perkembangan bicara dan bahasanya tapi motoriknya lambat dan sebagainya. Semuanya tergantung pada lingkungan, stimulasi lingkungan akan sasngat mempengaruhi perkembangan bakat anak, semakin dini orang tua memberikan stimulasi, akan semakin baik.
Setelah bakat anak ditemukan, orang tua seyogyanya memberi peluang pada anak untuk mengembangkan bakatnya . Yakni, dengan menciptakan lingkungan yang mendorong perkembangan bakat itu sekalipun seorang anak berbakat namun lingkungan nya tak mendukung, maka ia tak akan berkembang.
RASA MALU 
 
Rasa malu dapat digambarkan seperti semacam perasaan tidak nyaman. Biasanya berkaitan dengan membuka diri kepada orang lain, jadi rasa malu timbul seolah-olah kita sedang disoroti dan seolah-olah dinilai rendah oleh orang lain.
Perbedaan rasa takut dan rasa malu:
  1. Rasa takut, kita melarikan diri karena kita takut pada sesuatu, kita ingin menghindari sesuatu.
  2. Rasa malu, biasanya terjadi dalam relasi sosial; lebih berkaitan bagaimana saya dilihat oleh orang lain.
Orang dikatakan menderita rendah diri adalah kalau orang tersebut merasa kurang berharga, dibandingkan dengan orang lain, kita kelihatannya kalah terus. Antara rasa malu dan rendah diri memiliki keterkaitan, kalau ditelusuri ada cukup banyak orang yang merasa malu, latar belakangnya adalah karena dia merasa rendah diri. Rasa malu juga diperlukan bagi kita terutama untuk mengendalikan diri kita hal ini berkaitan dengan etiket pergaulan dan sopan santun dan juga rasa malu untuk berdosa itu perlu kita miliki. Amsal 7:13, mencontohkan perilaku seorang wanita yang tidak tahu malu. Jadi di sini memang rasa malu perlu juga untuk mengendalikan tingkah laku. Rasa malu akan sedikit demi sedikit mencair kalau orang itu kemudian merasa lebih aman, lebih diterima dan dia merasa orang lain sebetulnya tidak memandang rendah dirinya.
Dalam batas tertentu rasa malu diperlukan namun jika kelebihan pun hal ini justru akan menyiksa. Dalam pengertian orang menjadi tidak berani untuk bertemu dengan orang lain, lebih cenderung menarik diri, tidak merasa nyaman kalau bersama-sama dengan orang lain, akibatnya akan dirasakan dalam pergaulan. Lingkungan sering kali yang menciptakan rasa malu yang berlebihan, lingkungan juga yang menyebabkan asal mulanya seseorang kurang bisa menghargai dirinya sendiri atau merasa rendah diri. Dan lingkungan berperan besar untuk seseorang mulai mengurangi rasa malunya.
Cara berpikir kita kadang-kadang juga mengakibatkan kita merasa rendah diri atau rasa malu. Biasanya cara-cara berpikir seperti ini cara berpikir yang mengevaluasi diri secara negatif. Cara berpikir orang yang merasa malu itu kadang-kadang membesarkan hal yang negatif dari dirinya. Misalnya saja kita sekali waktu gagal kemudian kita mengatakan : "Saya orang yang gagal, saya tidak mungkin berhasil ya sudah saya tidak perlu tampil deh".
Perbedaan rendah hati dengan rendah diri:
  1. Orang yang rendah diri, selalu tidak nyaman menerima kelebihan dirinya dan selalu membesarkan hal yang negatif dari dirinya.
  2. Orang yang rendah hati, cukup merasa nyaman meskipun dia tidak berusaha menonjol-nonjolkan kelebihan dirinya, tapi kalau dipuji orang ya terima kasih tanpa berusaha membangga-banggakan berlebihan dirinya dan merendahkan orang lain.
Dalam kisah pribadi Yesus, Yesus sangat mengenali diri-Nya sebagai Anak Allah, sebagai Allah sendiri yang mempunyai kemuliaan yang luar biasa dan Dia tidak terpengaruh oleh evaluasi dari orang lain. Dia sama sekali tidak merasa direndahkan oleh orang lain bahwa Dia bisa mengampuni orang-orang yang telah mengolok-olok Dia. Nah inilah yang harus kita teladani bahwa kita sebagai manusia itu seharusnya menjadi manusia-manusia yang berharga di hadapan Allah. Kita sesungguhnya manusia yang berharga dan apapun yang dikatakan orang lain itu tidak harus menjadikan kita malu untuk merasa rendah.


Tips Hilangkan Rasa Malu yang Berlebihan

 Rasa malu dalam tingkat normal tidak menjadi masalah. Namun bagaimana jika rasa malu itu terlalu berlebihan? Seseorang yang merasa malu berlebihan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Terkadang seseorang sulit mengatasi rasa malu tersebut. Lalu bagaimana cara mengusir rasa malu berlebihan atau bagaimana cara hilangkan rasa tidak percaya diri anda ? Berikut ada tips hilangkan rasa malu yang berlebihan untuk anda.
SETIAP manusia memiliki rasa malu, besar maupun kecil. Namun, rasa malu berlebih dapat membuat Anda sulit untuk maju di berbagai bidang. Padahal menjadi seorang pemalu bukan berarti Anda harus kalah.
Jika Anda masih berjuang dengan rasa malu berlebih, berikut sembilan cara mudah mengatasinya, seperti dilansir Allwomensstalk.
Fokuskan pada hal positif
Si pemalu umumnya sulit menunjukkan imej diri. Nah, untuk mengatasinya, ingatkan diri pada apa yang membuat Anda cukup percaya diri. Yaitu senyum, kecerdasan, dan karier Anda. Lalu fokuskan ketiganya pada situasi sosial.

Bukan pusat perhatian
Penting disadari untuk si pemalu, dia bukan pusat perhatian. Tidak ada yang selalu mengamati gerak-gerik dan menghakimi Anda. Dengan begitu, Anda dapat merasa lebih “enteng” menjalani hari.

Jangan melabeli diri “pemalu”
Setop melabeli diri sebagai seorang pemalu. Itu hanya akan merusak usaha Anda untuk berhenti menjadi si pemalu.

Tenang
Saat kondisi terasa canggung, disarankan bagi si pemalu untuk tenang dan bernapas agar apa yang dia lakukan dapat lebih terarah, tidak terburu-buru, dan tidak melakukan hal yang ceroboh.

Jangan berusaha jadi yang sempurna
Tidak ada manusia yang sempurna. Jadi, berhenti mengkhawatirkan harapan seseorang untuk Anda dapat tampil sempurna.

Keluar dan hadapi
Kita tahu Anda malu untuk berhadapan dengan lingkungan. Daripada mengunci diri terhadap kehidupan luar, mengapa tidak mulai melatih bagaimana berhubungan bersama orang lain dengan cara yang lebih benar.

Belajar menerima pujian dan penolakan
Cara terbaik untuk menerima pujian ialah tersenyum dan mengucapkan terima kasih, sangat simpel bukan? Bagaimana dengan penolakan? Terima dengan lapang dada agar tidak berdampak lebih buruk pada diri Anda.

Belajar dari kesalahan
Jika Anda rasa yang sudah dilakukan untuk mengatasi rasa malu masih salah, ada baiknya Anda jadikan itu pelajaran.


Dukungan
Minta dukungan orang terdekat untuk membantu Anda mengatasi rasa malu. Biarkan dia tahu rencana Anda dan kapan Anda membutuhkan dukungannya. Semisal, dalam waktu dekat dia dapat menemani Anda menghadiri acara kantor.

Mengatasi rasa malu berlebihan dapat anda lakukan dengan cara-cara diatas. Rasa malu yang berlebihan dapat menyebabkan anda malah menemui masalah atau kesulitan dalam melakukan apapun. Jadi ada baiknya, segera atasi rasa malu anda yang berlebihan ya, agar anda bisa lebih tampil percaya diri di berbagai kesempatan.

TERBAWA SITUASI 

 

Jangan pernah mudah terbawa situasi, sikapilah setiap persoalan dengan pikiran jernih. Gunakanlah akal dan pikiran yang telah Allah anugerahkan kepada kita, karena sesuatu yang terburu-buru itu lebih sering merusak akal sehat kita. Berpikirlah sebelum bertindak, jangan cepat terbawa suasana dan bersahabat dengan emosi. Emosi yang tidak terkendali bisa menghasilkan energi yang luar biasa, sehingga menjerumuskan kita melakukan tindakan yang bodoh.
Mulai detik ini orientasikan hidup kita kearah yang paling jauh, yaitu perjumpaan dengan Allah. Apabila kita bisa menjalankannya dengan baik, maka semua permasalahan menjadi ringan dan ridha Allah pun didapat. Rasulullah SAW bersabda: “Jangan marah kalau mau masuk surga”
Tidak ada yang tidak bisa terselesaikan, karena Allah memberikan ujian kepada kita sepaket dengan solusinya. Karena Allah Maha Tahu dan Maha Bijaksana. Allah tidak akan memberikan sesuatu apapun diluar batas kemampuan kita. Oleh karena itu setiap permasalahan yang ada sebaiknya dibicarakan bersama dengan hati yang lembut, dan lisan yang baik, agar bisa mendapatkan mufakat yang baik pula. Karena yang terpenting bukanlah perdebatannya, tapi bagaimana cara penyelesaian.

RASA BENCI 


Harus disadari membenci itu menyengsarakan diri sendiri, kamu akan merasa sakit, sengsara karena perasaan benci kamu (intinya adalah kamu yang menyengsarakan diri sendiri bukan karena orang lain),,sedangkan orang yg kamu benci,,tidak akan pernah sengsara karena rasa benci kamu ke dia. Caranya menghilangkan mudah, buka pikiran dan kendalikan,sampai perasaan dapat dikendalikan oleh pikiran,,dan ingat!! hentikan menyiksa diri,,karena semua sengsara dan derita kamu karena dari perasaan kamu sendiri,,bukan karena orang lain

      Suatu ketika perasaan dendam dan benci menyelimuti diri kita. Kemana-mana merasa sakit. Kemana-mana kepikiran… terus. Kebayang orang lain yang telah menyakiti kita. Duh jan..rasanya gimana gitu. Dendam, kecewa, sakit hati, ingin mencabik, ingin membunuh, setiap waktu setiap detik yang terpikirkan adalah dia yang jadi musuh kita.


Kebencian yang ada selalu dan selalu membayangi di setiap langkah kita. Kebencian yang tertanam sejak dulu. Sampai sekarang masih kebayang.-bayang dia yang pernah membuat hati terluka.

Mungkin suatu ketika ada kejadian yang membuat sakit hati kita sehingga kita merasa dendam kepada seseorang. Namun tidak pernah terbalas sampai sekarang.
“Bagaimana caranya untuk menghilangkan rasa kebencian ini?”.

Wright (2005) dalam bukunya ‘Terapi memori’ menjelaskan tips kecil bagaimana caranya untuk menghilangkan kebencian. Diantaranya adalah:

1. Tuliskan segala kebencian yang dirasakan beserta orangnya. Curahkan segala perasaan yang ada. Dendam, benci,….all..seluruhnya. Tanpa malu akan diketahui oleh orang lain. Karena sekarang yang ada adalah diri Anda dan perasaan Anda sendiri. Tanpa takut akan dimarahi.

2. Tenang sebentar dari segala perasaan yang timbul. Ketika menulis segala perasaan yang dulu ada akan timbul. Emosi yang terbenam akan kembali teringat. Nikmati perasaan yang timbul itu. Tenangkan diri jika kemudian emosi dan marah melanda.

3. Ambil sebuah ruangan yang sepi dan bayangkan orang yang Anda benci ada didepan anda. Ucapkan ungkapan-ungkapan yang telah ditulis kepada bayangan yang ada dihadapan kita

4. Bayangkan orang lain menerima segala keluhan Anda. Dia mendengarkan dengan baik segala ucapan dan makian kita padanya. Lepaskan beban itu. Lepaskan….sampai diri ini menangis
Biarkan segala perasaan yang ada terungkap semuanya. Emosi yang dulu terpendam terkeluarkan. Beban berat yang ada bisa dimuntahkan. Terus dan terus…sampai perasaan yang ada tenang, dan tenang.
Rilek…….rileks…….
Rileks….
Tarik nafas dalam…
Tenangkan pikiran…


Menghilangkan rasa "benci"

Entahlah. Bagi gue, membenci seseorang atau menyimpan perasaan dendam, adalah sesuatu yang sangat keanak-anakan. Kadang orang dewasa pun melakukannya. Semua orang pasti mempunyai rasa benci dan iri. Termasuk gue. Ya, gue.

Namun ada beberapa hal yang bisa menghilangkan rasa ini. Antaranya :

1) Jadi sibuk!
Kamu jadilah terlalu sibuk sehingga terlupa akan perasaan benci itu. Lho? Ngapain aja sih? Ya jadi sibuk! Kamu bisa melakukan perkara yang kamu suka. Contohnya memasak, dengerin musik, jalan jalan, menggambar, atau mencoba sesuatu yang baru. Kalau nggak ada yang perlu dilakuin, cari aja di google: Cara menjadi sibuk, dan sbg. Pasti bisa!

2) Pikir positif!
Mungkin kamu pikir, dia ada sesuatu yang kamu nggak punya. Kecantikan, kepintaran, bakat terpendam dsb. Karna itu kamu merasa kesal dan iri. Nah, sekarang coba pikir kebalikannya. Jangan pikir tentang "apa yang dia ada yang kamu nggak ada". Pikirlah kebalikannya, iaitu "apa yang dia nggak ada yang kamu ada". Nggak semua orang sempurna, pasti ada sesuatu dari kamu yang dia nggak punya. Skill lain, contohnya? Banggalah dengan apa yang kamu punya itu.

3) Jadikan sebagai tantangan!
Contohnya, jika kamu iri dan kesal karna orang ini lebih pintar dari kamu, jadikanlah itu sebagai tantangan untuk kamu! Tunjukkan, bahwa kamu juga bisa "pintar" seperti dia. Dan kalau kamu sudah mencapai itu, tidak adalah lagi rasa kesal dan iri, bukan begitu? Tunjukkan ke dia, bahwa kamu juga bisa!

4) Have fun, babe!
Yeah, carilah kesenangan sendiri. Janganlah jadikan perasaan itu sebagai beban dan terus dipikirkan. Kamu bisa keluar jalan jalan, shopping, membeli apa yang kamu inginkan dsb. Kalau sudah terbawa dengan kesenangan sendiri, lama lama perasaan itu pun akan hilang juga.

5) Jangan berdendam!
Semakin kamu menyimpan rasa dendam, semakin perasaan itu menjadi jadi. Janganlah melakukan perkara yang merugikan orang itu hanya untuk kepuasan diri sendiri. Coba untuk berada disisi yang benar. Biarkan saja dia dan apa yang dia lakukan. Jangan buang buang waktu mengurusi urusan orang. Kita lakukanlah urusan kita sendiri.


Nah, itu aja dari gue. Gue harap ini berguna 
  
CARA MENJALANI HIDUP
Hidup di jaman sekarang jangan diambil pusing, jangan mudah terpengaruh sama berita-berita yang bisa bikin hidup tambah ruwet; contohnya, tentang politik, ekonomi, dan yang lainnya. Jadikan itu semua ilmu.
Ini nih saya punya tips untuk anda-anda semua, termasuk untuk saya juga karena tips ini menarik dan mudah untuk diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.
  1. Percaya bahwa segala tujuan hidup sudah ada yang mengatur,
  2. perbaiki apa yang ada dalam diri setiap hari,
  3. berbuat / melakukan hal yang positif untuk menambah kualitas diri,
  4. menghargai diri sendiri bahwa “Saya Memiliki Potensi yang Besar dari Apa yang Saya Kira”,
  5. Memahami lingkungan bukan diri sendiri dipahami oleh lingkungan,
  6. membuat daftar silaturahmi setiap minggu minimal 2 kali dalam seminggu,
  7. membuat daftar MIMPI / KEINGINAN yang belum sempat tercapai (perbaiki setiap hari!),
  8. evaluasi apa yang telah idkerjakan!,
  9. melihat potensi diri dari sisi kekurangan,
  10. dan berusaha menjadi “Pendengar” yang baik untuk org lain.
  11. Nikmati hidup dan tetap berfikir positif
Let’s try!!
to be a better human & personality.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar