Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Senin, 17 Desember 2012

Investasi



Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan dimasa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal.


7 Tips Investasi Aman untuk Pemula

 1. Berinvestasi pada Saat yang Tepat
Kunci pertama dalam sukses berinvestasi adalah mengetahui terlebih dahulu bahwa seperti kehidupan, ekonomi juga berjalan dengan siklusnya tersendiri. Mirip seperti musim yang berjalan hampir saham setiap tahun, begitu juga halnya dalam berinvestasi.

Jika Anda masuk pada saat yang tepat dalam siklus tersebut, maka uang yang dihasilkan akan lebih banyak. Salah satu cara melihat siklus ini masih dalam tahap awal atau sudah puncaknya, atau bahkan sudah menurun akan dibahas di poin terakhir.

2. Tentukan Siklus yang Cocok dengan Anda
Kunci kedua dalam berinvestasi adalah mengetahui siklus yang sedang berlangsung. Sebagai contoh siklus finansial di Amerika Serikat yang sudah pernah berjaya awal tahun 80 sampai akhir 90-an sudah berakhir, kini mereka masuk ke siklus komoditas, seperti baja, minyak mentah, sawit dan sebagainya.

3. Amati Tiap Siklus, Pilih yang Terbaik
Kunci ketiga dalam sukses berinvestasi adalah ketika memperhatikan siklus setiap instrumen investasi, anda bisa memilih siklus mana yang siap menanjak. Sebagai contoh, jika di AS sekarang ini sedang masuk di siklus komoditas, baja sempat menjadi yang paling seksi. Sekarang baja sudah mulai turun dan siap digantikan emas. Jika anda mencermati siklus ini dengan baik, maka sudah saatnya anda masuk untuk membeli emas dengan segera.

4. Cari Instrumen Investasi yang Anda Kuasai
Kunci keempat dalam sukses berinvestasi adalah memilih instrumen investasi yang anda kuasai, lebih bagus lagi yang anda sukai. Ada beberapa pilihan jika anda akan memulai investasi dengan modal kurang dari Rp 10 juta.

- Reksa Dana, yaitu wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya.

- Beli saham di pasar modal. Dengan terjun langsung ke pasar modal anda bisa memiliki saham di perusahaan-perusahaan yang anda inginkan, tinggal menunjuk broker yang profesional maka anda bisa langsung mulai. Biaya (fee) untuk broker pun tidak terlalu tinggi dan anda bisa dengan mudah melakukan diversifikasi untuk mengurangi risiko.

- Logam Mulia. Dengan membeli logam mulai, contohnya emas, anda tidak perlu tertalu repot mengurusinya. Tinggal didiamkan saja maka harganya akan naik. Tapi, di tengah krisis seperti sekarang ini harganya berfluktuatif dengan cepat. Kalau anda pintar, anda bisa beli di saat murah dan jual di saat tinggi.

5. Investasi Harus Ditahan untuk Jangka Panjang
Kunci kelima dalam sukses berinvestasi adalah harus ditahan untuk jangka waktu yang cukup panjang. Hal ini dilakukan untuk menepis volatilitas dan risiko kerugian. Kesalahan terbesar yang sering dilakukan investor adalah selalu terlalu siap melindungi portofolionya, sehingga sering panik ketika pasar jatuh dan melepas seluruh investasinya. Padahal, sebaiknya investor harus yakin kalau tren melemah itu hanya bagian dari siklus yang nantinya akan kembali menguat, kecuali memang siklus instrumen investasi tersebut sudah mendekati puncaknya.

6. Evaluasi Setiap Tren Investasi
Kunci keenam dalam sukses berinvestasi adalah menjadi investor yang bertolak belakang, tetapi tidak melawan pasar. Contohnya, saat semua orang melakukan aksi beli, anda harus jadi penjual. Begitu juga sebaliknya, saat semua orang menjual, anda harus jadi pembeli. Seperti kata Warren Buffett, "anda harus rakus saat orang lain ketakutan, dan ketakutan saat orang lain rakus."

7. Ketahui Puncak dari Siklus Investasi Sebelum Jatuh
Sebuah investasi akan mencapai puncaknya sebelum akhirnya masuk ke tren menurun. Memang puncaknya tidak bisa dilihat oleh mata telanjang, tapi ada beberapa ciri yang bisa anda perhatikan:

- Imbal hasil yang anda dapatkan tiba-tiba mengebut, lebih tinggi dari yang biasanya anda dapatkan dalam jangka waktu setahun. Sebentar lagi siklus investasi ini akan mencapai puncaknya.
- Jika semua yang anda kenal, teman-teman, saudara dan tetangga membicarakan soal keuntungan hasil investasi yang didapat di instrumen yang sama dengan anda. Ciri-ciri mendekati puncaknya.
- Jika banyak orang mulai berhenti kerja dan mengandalkan hidup hanya dengan berdagang saham di bursa lewat online trading, atau menjadi broker properti. Contoh seperti ini menunjukkan kedua instrumen investasi itu sudah mencapai siklus puncaknya, sudah saatnya anda mencari instrumen investasi baru dengan siklus yang masih muda.


Jenis Investasi

Secara umum, aset yang dapat menjadi saran investasi terbagi menjadi dua, yaitu aset riil dan aset finansial. Aset riil adalah aset yang dimiliki dan memiliki wujud yang kita simpan atau miliki. Contohnya aset riil adalah rumah, tanah dan emas. Sedangkan, aset finansial tidak berwujud, biasanya hanya berupa kertas yang merupakan bukti kepemilikan kita. Contoh investasi antara lain tabungan, deposito, reksadana, obligasi, saham, emas, properti, dan lainnya. Sekarang, mari kita lihat apa saja keuntungan dan kerugian dari masing-masing jenis investasi tersebut.
Jenis Investasi Keuntungan dan Kerugian Investasi

Tabungan

Menyimpan uang di bank untuk dipergunakan kemudian jika diperlukan.
 

Keuntungan Tabungan

Dapat diambil kapan saja dan tidak memiliki risiko.

Kerugian Tabungan

Uang dapat dengan mudah berkurang, karena dapat diambil kapan saja dengan mudah serta bunga yang kecil.

Deposito

Menyimpan uang untuk periode tertentu, bila belum jatuh tempo uang tidak dapat diambil atau akan mendapat penalti bila diambil sebelum waktunya.
 

Keuntungan Deposito

Risiko sangat rendah. Bunga yang dapat diterima lebih besar dibandingkan tabungan biasa.

Kerugian Deposito

Keuntungan atau bunga yang diterima lebih sedikit bila dibandingkan dengan jenis investasi lain yang berhadapan langsung dengan risiko pasar.

Reksadana

Adalah tempat menghimpun dana secara kolektif. Dana yang terkumpul akan dikelola oleh Manajer Investasi yang akan diinvestasikan pada jenis investasi lainnya. Bila mendapat keuntungan atau kerugian akan dibagi secara rata untuk para investor. Ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang baru memulai untuk berinvestasi. Jenis risikonya berbeda, tergantung jenis risiko yang dipilih. Jenisnya adalah reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, dan reksadana campuran.
 

Keuntungan Reksadana

Tidak perlu memiliki banyak pengetahuan, karena dikelola oleh Manajer Investasi. Karena diinvestasikan ke banyak tempat, maka bila terjadi kerugian di satu tempat bisa tertolong tempat lain yang mungkin menghasilkan keuntungan.

Kerugian Reksadana

Bagi sebagian orang, karena tidak dikelola sendiri sering tidak puas dengan hasilnya. Keuntungan lebih sedikit dibandingkan saham dan ada biaya yang dikeluarkan untuk pengelolanya.

Obligasi

Obligasi adalah surat hutang, merupakan bukti bahwa kita memberikan hutang kepada perusahaan tertentu atau pemerintah. Pihak yang berhutang akan memberi bunga untuk jangka waktu tertentu. Jangka waktu pengembalian hutang lebih dari satu tahun. Obligasi yang paling aman adalah obligasi atau surat utang dari negara.
 

Keuntungan Obligasi

Bunga lebih besar dibandingkan deposito.

Kerugian Obligasi

Jangka waktu panjang (> 1 tahun), sehingga tidak dapat dicairkan bila diperlukan atau bila ingin berinvestasi lain. Bila pihak yang berhutang bangkrut, berarti tidak dapat mengembalikan hutangnya.

Saham

Memiliki saham berarti Anda memiliki kepemilikan dalam suatu perusahaan. Uang yang kita tanamkan dijadikan sebagai modal untuk perusahaan tersebut. Perusahaan akan memberikan keuntungan yang diterima kepada para pemegang saham yang disebut sebagai deviden. Bila dinilai baik atau banyak orang yang berminat untuk membeli saham suatu perusahaan, harganya akan naik, sehingga bila Anda menjual sahamnya akan memperoleh keuntungan. Sebaliknya, bila perusahaan menderita kerugian, harga sahamnya dapat turun sehingga Anda dapat menderita kerugian. Saham ini dapat dibeli pada perusahaan sekuritas. Untuk tiap transaksi jual atau beli, Anda akan dikenakan biaya.
 

Keuntungan Saham

Dapat mendatangkan keuntungan yang sangat besar bila harga saham naik. Dengan modal sedikit, dapat diperoleh hasil berkali-kali lipat.

Kerugian Saham

Risiko kehilangan besar pula, saat harga saham turun.

Emas

Harga emas cenderung naik setiap tahun, itulah sebabnya banyak orang yang membeli emas kemudian menjualnya saat harganya naik. Bila hendak digunakan untuk investasi, emas yang dibeli hendaknya berupa logam mulia batangan atau koin daripada emas dalam bentuk perhiasan. Emas batangan atau koin tidak mengalami penyusutan atau ongkos pembuatan yang biasa dikenakan apabila kita menjual dalam bentuk perhiasan.
 

Keuntungan Emas

Merupakan aset likuid atau aset yang mudah dijual.

Kerugian Emas

Sulit dalam penyimpanan karena bila tidak hati-hati dapat dengan mudah dicuri.

Properti

Sama seperti emas, harga properti yaitu rumah dan tanah cenderung akan naik. Dengan membeli properti, dan menjualnya di kemudian hari akan mendatangkan keuntungan karena harga jualnya sudah naik. Harga rumah akan cepat naik bila lokasinya strategis atau dekat dengan fasilitas umum, ini dapat menjadi pertimbangan saat akan memilih lokasi. Bila akan membeli rumah di perumahan yang belum atau masih dibangun, pastikan pengembang dapat dipercaya dan adanya perjanjian yang jelas, karena ada beberapa kasus, setelah kita membayar, pembangunan rumah tidak dilanjutkan yang mengakibatkan kerugian.
 

Keuntungan Properti

Risiko kecil serta dapat disewakan sehingga dapat memberi penghasilan tambahan.

Kerugian Properti

Perlu dana yang besar untuk membeli rumah atau tanah. Properti bukan aset yang likuid karena tidak mudah untuk menjualnya bila suatu saat membutuhkan uang.
Pertimbangkan juga kapan Anda ingin mengambil kembali hasil investasi, apakah hanya untuk periode pendek atau untuk jangka waktu panjang. Bila Anda ada keperluan dalam waktu dekat, pilih investasi dengan risiko rendah dan berifat liquid. Sedangkan, untuk jangka panjang, Anda dapat memilih investasi dengan risiko tinggi yang dapat meberi keuntungan yang lebih besar.
Karena berinvestasi memiliki risiko, maka perlu persiapkan mental saat mengalami kerugian atau kegagalan agar tidak menjadi patah semangat. Setidaknya, berinvestasi lebih baik daripada semua penghasilan Anda digunakan untuk pengeluaran tanpa ada bagian yang disimpan.



Cara Mencegah Penipuan dalam Bisnis Investasi

Bisnis Investasi saat ini sudah mengalahkan beragam bisnis online lainnya, banyak yang enggan sudah belajar ngeblog untuk cari uang atau membuat toko online sebagai wadah untuk transaksi serta mempromosikan produk. Bisnis Investasi memang sangat menggiukan, namun tidak semua bisnis investasi bisa dipercaya dan berumur panjang.

Dalam postingan ini, blogger fakir menulis sedikit tips untuk menghindari kerugian di bisnis investasi. Mungkin anda pernah dengar kalimat “lebih baik mencegah daripada mengobati“, tips dari blogger fakir ini hanya bersifat mencegah, sedangkan mencegah belum tentu anda aman. Inilah tips yang mungkin bisa dilakukan untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian dalam bisnis investasi dan menghindari dari program penipuan:

Bisnis Investasi Online.
  1. Anda harus tahu alamat lengkap pemilik situs investasi tersebut, kapan perlu langsung berkunjung ke alamatnya. Jika tempat tinggal anda berjauhan dari pemilik situs investasi, carilah saudara atau teman untuk cek lokasi.

  2. Search di google (search engine mumpuni) nomor rekening yang digunakan untuk transfer uang, karena banyak modus penipuan yang dilakukan berbeda-beda dan pelakunya sama.

  3. Saat ini marak bisnis investasi yang mengunakan dana investor untuk diperdagangkankan di pasar forex, mintalah password investor agar anda bisa melihat kondisi riil perdagangan forex menggunakan uang anda.

  4. Oh ya, ini yang paling penting. Bukti transfer uang ke rekening pemilik situs bisnis investasi harap disimpan, karena jika terjadi penipuan anda memiliki peluang untuk menuntut orang tersebut ke pihak berwajib dan uang andapun masih ada pelung untuk mengembalikannya. Nanti saya tambah paragraf khusus cara melaporkan penipuan online dan sekaligus memblokir rekening bersangkutan.

Diatas tersebut sekilas tips mencegah penipuan dan memaksimalkan keuntungan bisnis investasi secara online. Di bawah ini tips untuk mencegah bisnis investasi offline:

  1. Kadang oknum bisnis investasi mengunjungi rumah langsung dan menawarkan produk investasinya, jika anda tidak keberatan. Gunakan handphone anda sebagai alat record/rekam video atau audio, sebagai bukti jika dilain waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

  2. Minta kartu tanda pengenalnya, sertakan dalam perjanjian diatas kertas bermaterai. Biasanya marketingnya bilang “Bank yang besar aja melakukan penipuan, kaya bank century. Ngapain terlalu formal-formal” . Jawab aja: “Century tidak dibiarkan oleh hukum kok, saat ini masih proses penegakkannya dan nasabah sebelumnya didaftarkan kembali di Bank Mutiara dengan jumlah saldo yang sama di saat mereka jadi Nasabah Century“.

  3. Ingat ! Mereka kadang menawarkan Transfer langsung ke Rekening untuk mempermudah transaksi, lebih baik anda tanya kantornya di Mana? “Saya mau finishnya atau closingnya transaksi di kantor investasinya aja“. Karena, kebanyakan para pemain investasi sering ngaku-ngaku punya kantor, tapi kantornya tidak jelas dan bahkan tidak berizin.

  4. Agar lebih aman lagi dan anda tidak rugi, carilah investasi yang berani membuat perjanjian modal pasti kembali. Apakah ada bisnis investasi modal pasti kembali? Blogger Fakir orang pertama yang menjawab. ADA  !!!!!

Itulah tips aman investasi online dan offline. Diatas sudah Blogger Fakir ingatkan, seaman-amannya pencegahan yang dilakukan, tentu masih ada peluang penipuan akan terjadi. Karena, kita ketahui semua bahwa Maling akan selalu belajar agar lebih pintar dari Korbannya. Menghindari hal tersebut, jika tips diatas sudah anda lakukan, maka jalur hukum adalah cara terakhir yang dilakukan. Cara hukum ini memiliki peran besar untuk pengembalian modal anda dan hukuman kepada si Pelaku Penipuan investasi. Langkah-langkah untuk melaporkan tindakan penipuan khususnya penipuan investasi dan pada umumnya penipuan yang dilakukan secara online:

  1. Persiapkan bukti transfer dalam bentuk apapun, entah itu via ATM, internet banking atau langsung dari Bank.

  2. Persiapkan nomor rekening dan data-data si penipu, tulis di sebuah lampiran agar mempermudah laporan.

  3. Kalau mau mudah, langsung Telepon Customer Service bank yang anda gunakan saat mentransfer uang, laporkan tindakan penipuan ini. (bank akan memberitahukan dokumen apa saja yang diperlukan)

  4. Lakukan permohonan kepada pihak bank untuk memblokir nomor rekening si penipu. (biasanya diberikan waktu 1×24 jam untuk menyerahkan surat polisi & bukti transfer)

  5. Datang kekantor polisi, ceritakan kronologis kejadiannya. Bayar administrasi sebagai syarat sebagai warga negara Indonesia (Segalanya pakai uang :D )

  6. Datang ke bank terdekat untuk memperjelas secara lisan, serahkan segala dokumen yang diperlukan.

  7. Rekening si penipu akan diblokir dan penipu akan diburu mengacu pada laporan anda dan polisi sangat mudah memburu pelaku karena data sudah lengkap.

  8. Anda akan dihubungi oleh aparat kepolisian jika pelaku tertangkap, biasanya 3 x 24 jam setelah penangkapan maka dana anda akan dikembalikan oleh pihak Bank dengan proses konfirmasi via telepon dan email bagi pengguna internet banking.

Itulah sekilastips aman bisnis investasi, saran terakhir dari blogger fakir. berinvestasilah dengan orang dalam negeri, karena proses hulumnya masih bisa diusahakan. Jika bermasalah dengan produk luar negeri, tentunya proses penyelesaian sangat sulit. Salam berbagi mencapai manfaat, mari kita dengungkan kepada dunia SAYA UNTUNG DAN ANDA UNTUNG, TIDAK ADA YANG DIRUGIKAN.

 

Artikel menarik lainnya

1 komentar:

  1. Best casinos in the world to play blackjack, slots and video
    hari-hari-hari-hotel-casino-online-casinos-in-us · blackjack (blackjack) · 출장마사지 roulette (no Blackjack Video Poker nba매니아 · Video Poker worrione · Video Poker · Video poker herzamanindir

    BalasHapus